Sunday, 23 September 2018

Cara Mudah Terbaru Custom Domain Blogger di IDwebhost

Tags

Cara Terbaru Custom Domain Blogger

Assalamu'alaikum.... sobat pengunjung blog Belajar Bisnis Online yang cakep....

OK setelah beberapa waktu lalu saya sudah memberikan informasi tentang cara membuat blog SEO Friendly yang salah satunya adalah merubah url/alamat blog menjadi Top Level Domain yang kemaren sudah saya jelaskan bagaimana pentingnya Top Level Domain di mata pengunjung. Mungkin untuk sobat pengunjung yang baru saja menemukan blog ini sebelumnya bisa membaca dulu pentingnya merubah url blog menjadi top level domain DI SINI
.
Tutorial ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri dan tidak butuh waktu lama untuk setting domain*blogspot*com ke domain*com, cuma butuh waktu kurang lebih 30 menit.

OK karena saya menulis informasi ini sudah agak larut malam dan badan sudah mulai agak kecapekan setelah jualan angkringan seharian sebaiknya langsung saja ke tips blogging cara custom domain di IDwebhost. Oh ya kenapa harus custom domain di IDwebhost? ya karena saya membeli domain-nya di IDwebhost. Layanan IDwebhost kayaknya sudah profesional banget sobat karena emang saya sudah lama menjadi pelanggan untuk pembelian domain, selain harganya lebih murah, customer servicenya juga ramah, kalo sobat juga pengin sewa hosting atau domain bisa chat langsung dengan customer servisnya.


Cara Custom Domain Blogger

Berikut ini tata cara merubah domain*blogspot*com menjadi domain*com lewat member IDwebhost. Sebelumnya anggap aja sobat sudah menyiapkan TLD dari IDwebhost.

1. Masuk/login blogspot sobat dan setelah terbuka langsung menuju ke menu SETELAN >> DASAR disebelah kiri (Lihat gambar yang saya beri tanda Panah no. 1). Kemudian setelah terbuka KLIK +Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda (Lihat tanda panah no. 2 digambar),

Cara Terbaru Custom Domain Blogger di IDwebhost

2. Masukkan domain (lihat panah merah) yang sudah sobat sewa di IDwebhost kemudian Klik SIMPAN (contoh seperti gambar dibawah).

Custom Domain Blogger

3. Setelah sobat mengKlik SIMPAN, akan keluar kode khusus yang merupakan CNAME sobat untuk menuju langhkah berikutnya (Lihat gambar)

Custom Domain Blogger

Contoh CNAME yang saya dapatkan adalah (www - ghs*google*com) dan (2orl7p6hxjpg - gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted*com). CNAME tersebut yang nantinya akan digunakan untuk melakukan setting di dns IDwebhost.

4. Langkah selanjutnya sobat bisa Login ke area member IDwebhost, setelah terbuka Klik DOMAIN seperti gambar dibawah:

Custom Domain Blogger

5. Setelah itu akan muncul beberapa list domain yang pernah/sudah sobat beli. Di menu sebelah kiri Klik list AKTIF untuk menampikan domain yang aktif saja. Pilih domain yang akan disetting (dalam hal ini yang akan saya setting adalah www*domain*net yang saya beri tanda kotak warna merah). kemudian klik tanda Kunci disebelah kanan. Seperti contah digambar berikut:

Custom Domain Blogger

6. Lihat menu sebelah kanan, Klik NAMESERVER

Custom Domain Blogger

7. Centang "Gunakan nameserver lain (masukkan dibawah)" lihat gambar.
PERHATIAN..!! Untuk tutorial custom domain di IDwebhost ini untuk nameservernya harus menggunakan ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id, kalo tidak menggunakan nameserver tersebut sampai kapanpun DNS yang sobat setting tidak akan berfungsi. Setelah sobat masukkan semua nameserver tersebut, simpan semuanya dengan mengKLIK tombol Ganti Name Server dibawah (Lihat gambar berikut)

Custom Domain Blogger

8. Setelah NameServer berhasil sobat ganti, lanjut menuju Kelola DNS

Custom Domain Blogger

Custom Domain Blogger

Silahkan isi kolom Kelola DNS seperti contoh gambar diatas yang saya beri tanda kotak merah :

Kolom Name Host, isi simbol "@", kolom Jenis Record pilih A (Address), kolom Alamat isi ip blogger sobat yaitu "216.239.32.21", Kolom Prtioritas dikosongkan saja.

Masukkan semua IP sobat dibawah ini satu persatu dengan memasukkannya seperti cara yang diatas.

IP
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

9. Setelah semua setting IP sudah berhasil semua, masih di menu Kelola DNS, masukkan cname yang sobat peroleh dari blogger yang tadi sudah disimpan yaitu (www - ghs*google*com) dan (2orl7p6hxjpg - gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted*com). Kolom Jenis Record pilih "CNAME (Alias)". Untuk kolom "Name Host" dan "Alamat", masukkan semua CNAME sobat dengan cara seperti gambar dibawah ini :

Custom Domain Blogger

10. Cara custom domain blogger sudah selesai, jika setting sobat benar untuk propagasi perubahan DNS secara umum bisa sampai 6-8 jam, tapi saya pas mencoba setting dns beberapa waktu lalu tidak sampai 6-8 jam hanya sekitar 30 menit setelah setting selesai saya coba buka domain baru saya langsung bisa diakses.

Itu cara custom domain blogger yang pernah saya lakukan dan biasanya kalo sobat mempunyai masalah saat merubah nameserver tinggal minta petunjuk sama pihak IDwebhost langsung melalui chat.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!