Sunday, 21 October 2018

6 Cara Mudah Melakukan Pendekatan dengan Pembeli Potensial

Bisnis Online

Cara Mudah Melakukan Pendekatan dengan Pembeli. Sebenarnya kiat-kiat tersebut sudah banyak dibahas oleh para master bisnis online dalam sebuah acara di beberapa forum di internet maupun dalam sebuah pertemuan seminar ataupun workshop entah dalam sebuah diskusi langsung ataupun dari sebuah tulisan di internet. Namun bagi sobat yang belum pernah mengikuti semua jenis kegiatan di atas, mungkin sedikit tulisan saya ini akan banyak membantu menjalankan bisnis online anda.

Cara Melakukan Pendekatan dengan Pembeli Potensial


Dalam sebuah bisnis entah itu di dunia nyata ataupun di dunia maya (baca: internet) konsumen adalah relasi bisnis yang bisa menjadikan tolok ukur untuk sebuah produk yang kita tawarkan. Dari mereka baik dan buruk produk yang kita tawarkan akan kita ketahui dan mereka juga yang tentunya akan membuat bisnis kita berkembang dengan pesat. Untuk itu kita sebagai pedagang harus tahu trik atau tips melakukan pendekatan pada pembeli potensial kita agar mereka tetap berfikir produk kita dan pelayanan kitalah yang terbaik.

Lalu bagaimana langkah kita sebagai produsen atau pedagang agar konsumen yang selama ini setia dengan produk yang kita tawarkan menjadi lebih lengket lagi. Sebenarnya tidak ada rahasia khusus untuk melakukan pendekatan kita terhadap pembeli potensial kita agar produk kita selalu disukai oleh pembeli. Cara ini sangat mudah dan sudah biasa dilakukan oleh pelaku bisnis online atau bisnis nyata dan memang hasilnnya cukup meyakinkan.

Apa saja langkah pendekatan kita terhadap pembeli potensial

1. Buat Iklan dengan Bahasa Sesuai Target Konsumen
Membuat konsep iklan dengan menyesuaikan target konsumen yang kita bidik, jika target konsumen merupakan anak muda atau remaja jaman now ada baiknya gunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa mereka karena biasanya mereka akan lebih menerima bila dibandingkan dengan memakai bahasa yang formal. Lain hal jika iklan ditujukan untuk kalangan pebisnis, bahasa formal mungkin lebih cocok digunakan dalam konsep iklan Anda.

2. Memberikan Garansi
Garansi. Kalo kamu diposisikan sebagai konsumen atau pembeli tentu akan lebih tertarik jika sebuah produk yang ditawarkan oleh si penjual dengan disertai dengan garansi.

Mungkin Anda juga pernah lihat di kemasan sebuah produk ada tulisan "Tidak Puas, Uang Kembali", Bagaimana kalau Anda melihat kata tersebut ketika kamu sedang mencari barang atau produk apapun? tentunya Anda akan berfirikir bahwa produk tersebut pasti terjamin kualitasnya.

Nah dengan memberikan garansi seperti tersebut diatas akan membuat pembeli Anda lebih mantab untuk memilih produk yang ditawarkan dan mereka biasanya tidak akan berfikir panjang untuk segera membeli produk yang anda tawarkan tersebut.


3. Gunakan Label Harga Ganjil
Bagaimana maksud dari menggunakan label harga ganjil? Anda tentu sudah tidak asing lagi ketika melihat sebuah harga produk di label harganya tertulis 99.900, 299.900 dan seterusnya. Label harga tersebut adalah sebuah strategi marketing yang sudah lazim dilakukan untuk menarik konsumen.

Karena biasanya konsumen secara psikologis akan cepat menangkap harga tersebut lebih murah dan mereka berfikiran harga masih dikisaran 200ribuan belum 300ribu. Walaupun ketika mereka membayar dikasir akan tetap membayar dengan nominal 300ribu.

4. Menggunakan Promo Get 1 Buy 1
Menggunakan promo misal "Get 1 Buy 1", ini tentu akan menarik minat pembeli potensial Anda untuk membeli produk yang ditawarkan. Cara ini juga sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka dan cara ini juga sudah dipercaya mampu menaikkan penghasilan mereka.

Tetapi untuk melakukan promo ini tentunya harus dilakukan analisa secara rinci mengenai keuntungan yang bisa didapatkan.

5. Mengevaluasi Produk
Jika produk kita ingin tetap disukai oleh pelanggan loyal, tentunya kita sebagai pedagang harus selalu melalukan evaluasi dan pembenahan dalam produk yang kita jual. Tingkatkan kualitas produk yang kita jual sedikit demi sedikit untuk menjaga konsumen agar tidak pindah ke lain hati.

Lebih bagus lagi bila kita bisa melakukan survey kepada pelanggan kira-kira produk seperti apa yang mereka inginkan dan tentu ini akan menjadi poin tersendiri buat konsumen potensial kita.

6. Melakukan Event Promo Terbatas
Cara ini juga sudah banyak dilakukan oleh beberapa toko online besar di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Bukalapak dll. Mengapa mereka semua menggunakan trik promo terbatas ini? Jawabnya tentu karena memang trik ini sudah terbukti sangat efektif meningkatkan penjualan produk-produk mereka.

Dan cara ini juga bisa Anda gunakan agar produk yang kamu tawarkan semakin laris, caranya mungkin dengan membuat promo terbatas setiap hari minggu atau bisa juga setiap satu bulan sekali pada tanggal muda pas para pekerja atau karyawan pada gajian.

Setiap usaha dalam bisnis apapun tentu harus dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita hanya orang-orang yang mempunyai keuletan dan konsistensi yang tinggi yang bisa bertahan dengan bisnis yang mereka jalankan, untuk itu jangan ada kata menyerah dalam menjalankan bisnis Anda, lakukan dengan semangat dan pasti usaha tidak akan pernah mengingkari hasil.

Tentu sebelum melakukan trik-trik diatas tersebut Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri pembeli potensial yang harus dicari, untuk informasi tersebut silahkan baca artikelnya DI SINI.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM akan langsung di hapus..!!