Wednesday, 24 October 2018

Mau Sukses di Adsense? Jangan Lakukan Ini

Tags

Tips Adsense

Mau Sukses di Adsense? Bisnis online pada tahun-tahun belakangan ini sangat marak sekali sejak adanya sosial media seperti Facebook, Instagram, Tweeter, Line dll. Dulu saat-saat pertama kali saya memulai bisnis online berupa jualan pakaian dan aksesoris sekitar tahun 2010 saya mulai dengan membuat sebuah website toko online. Beberapa bulan mengelola website toko online saya malah kenal dengan adsense dari teman-teman blogger kala itu dan lebih tertarik bermain Adsense yang pada akhirnya lebih menyita waktu saya untuk lebih memaksimalkan pengetahuan saya tentang blog dan adsense. Sedikit demi sedikit saya mempelajari blog dengan segala atributnya dari mastah SEO yang kapasitasnya memang sangat diakui oleh para blogger waktu itu, beberapa diantaranya adalah kang Riyeke Ustadiyanto, Kang Rohman, Kang Hakim tea dll. Dari artikel-artikel mereka saya sedikit demi sedikit belajar SEO dan bisnis online serta Adsense tentunya dan fokus terjun untuk menjajal gurihnya dollar adsense yang kata para master adsense sangat gurih.

Hampir dua tahun saya fokus belajar Adsense yang akhirnya saya bisa payout pertama dari adsense sekitar 100 dollar dan dari pengalaman payout pertama saya semakin yakin dan semangat kalo adsense bisa memberikan yang terbaik untuk ekonomi keluarga kecil saya. Dari bulan ke bulan berikutnya penghasilan dollar adsense saya semakin naik hingga mencapai 400 dollar lebih kala itu, penghasilan yang sangat besar menurut saya yang cuma seorang karyawan sebuah warnet kecil. Dan dari gajian 400 dollar perbulan dari adsense saya dan istri bisa membeli rumah kecil-kecilan disebuah perumahan dekat pusat kota Kaliwungu dan sampai saat ini masih menjadi tempat tinggal tetap saya dan keluarga kecil.

Adsense Kena Banned

Hampir dua tahun menikmati gurihnya gajian dollar dari Adsense membuat saya menjadi kurang teliti memahami atau mengetahui kebijakan dari adsense dan ini menjadi bumerang bagi saya karena ketidaktahuan saya akan hal tersebut yang akhirnya membuat akun adsense kena banned. Sedih dan jengkel itu pasti, tapi apa mau dikata nasi sudah menjadi bubur dan akun tidak bisa dikembalikan walaupun sudah melakukan banding. Penasaran? itu pasti dan akhirnya memang membuat saya melakukan instropeksi diri apa kesalahan yang sudah saya perbuat waktu itu, selidik punya selidik ada satu hal yang membuat adsense saya kena banned, "Memposting tulisan yang mengandung unsur menjual mimpi". Saya coba kembali membaca kebijakan Adsense yang paling baru dan memang artikel yang ada unsur menjual mimpi sangat dilarang oleh pihak adsense.


Tapi bagaimana ciri-ciri konten yang mengandung unsur menjual mimpi itu?

OK sebenarnya saya juga kurang paham perihal artikel yang dimaksud diatas, tapi mungkin dengan membaca kronologi pengalaman saya ini sobat bisa sedikit tahu apa yang dimaksud dengan "konten menjual mimpi".

Tahun 2009-2011, Waktu itu saya sedang semangat-semangatnya mengikuti segala macam kontes SEO yang diadakan berbagai perusahaan besar bahkan satu waktu saya bisa mengikuti 3-4 kontes SEO dalam waktu yang bersamaan yang umumnya berjalan selama 3 bulan. Ini mungkin salah satu yang menjadi penyebab kenapa akun adsense saya terkena penalty dan yang paling fatal lagi ada salah satu kontes SEO yang diadakan oleh seorang motivator terkenal (mungkin tidak perlu saya sebut nama) di Indonesia. Mungkin kontes itu bertujuan ingin mengenalkan lebih jauh tentang sang motivator tersebut dan biasanya dia juga menjual motivasi-motivasinya yang dikemas dalam sebuah ebook atau video.

Dalam kontes SEO yang diadakan oleh sang motivator tersebut saya menjadi salah satu pemenang, tidak perlu saya sebutkan juga pemenang ke berapa ya sobat pokoknya saya waktu memperoleh hadiah uang senilai ratusan ribu rupiah dan beberapa video motivasi.

Bangga tentunya setelah menjadi salah satu pemenang kontes SEO se Indonesia? Iya emang bangga tapi selebihnya malah menjadi sedih dan kecewa karena beberapa artikel yang pernah saya tulis mengenai acara sang motivator mendapat peringatan keras dari adsense melalui email. Karena peringatan tersebut saya mencoba hapus beberapa artikel yang mendapat peringatan tersebut dan juga beberapa artikel yang masih berkaitan. Tapi ternyata sudah terlambat, karena waktu saya mau membuka akun Adsense menjelang tanggal payout hasilnya cuma ada peringatan "akun untuk sementara di non aktifkan". Huuuuff.... sedih dan jengkel kan?

Nah dari kronologi tersebut mungkin sobat sudah semakin jelas kira-kira posting yang menjual mimpi itu yang bagaimana.

Selain diatas beberapa hal yang sangat dilarang dan menghalangi sobar sukses di adsense adalah sebagai berikut :

Klik Iklan Tidak Valid

Yang termasuk klik iklan tidak valid adalah klik iklan yang tidak diakui oleh adsense dan salah satunya melakukan klik iklan sendiri. Aturan pertama dari adsense jangan melakukan klik iklan sendiri banhkan untuk mencoba sekalipun sangat dilarang. Pengalaman beberapa teman yang kena banned adsense ternyata mereka mencoba melakukan klik iklan sendiri dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Tukar Klik Iklan

Aktifitas tersebut beberapa tahun lalu sangat marak sekali dilakukan oleh publisher-publisher tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan sendiri. Mereka lebih mengutamakan melakukan hal tersebut daripada berusaha untuk mendatangkan pengunjung murni dari mesin pencari karena kemungkinan mereka beranggapan tukar klik lebih mudah dilakukan, tapi mereka lupa resiko banned yang akan diterima.

Namun saat ini tukar link sudah sangat menurun drastis karena pihak adsense juga selalu melakukan perubahan algoritma klik iklan agar pihak pengiklan tidak merasa dirugikan terlalu besar.

Menganjurkan untuk Klik Iklan

Menganjurkan orang lain untuk klik iklan juga sangat diharamkan oleh Adsense dan ini sudah dijelaskan secara rinci dalam Kebijakan Adsense terbaru 2018. Sebaiknya sobat mentaati kebijakan tersebut kalo ingin sukses di adsense dan tidak ingin akun kamu kena banned.

Menganjurkan pengunjung untuk klik iklan dengan tulisan ajakan atau tanda khusus seperti "bantu kami", "dukung kami" atau bahasa-bahasa lain yang tujuannya untuk mengajak melakukan klik iklan oleh pengunjung blog juga merupakan tindakan yang sangat dilarang oleh adsense.

Menampilan Iklan pada Laman Konten yang Dilarang

Sudah saya singgung diatas menampilkan iklan pada situs-situs yang mengandung unsur konten yang dilarang termasuk diantaranya adalah konten judi, pornografi, hacking, rasisme dll. Untuk lebih jelasnya sebaiknya sobat buka kembali pada laman Pedoman Konten Adsense.

Intinya untuk sukses bisnis online adsense sobat harus selalu update kebijakan-kebijakan adsense dan hindari menulis dengan tema yang dilarang oleh adsense Indonesia termasuk juga artikel tentang judi, minuman keras, mengandung unsur kekerasan, eksploitasi anak dll. Semoga dengan sedikit informasi "sukses di adsense" ini membantu sobat penayang iklan adsense lebih berhati-hati.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM akan langsung di hapus..!!