Saturday, 13 October 2018

Riset Keyword untuk Meningkatkan Dollar Adsense dan Trafik

Tags

cara riset keyword

Assalamu'alaikum...

Sobat bloger yang budiman semoga Anda semua pengunjung blog Belajar SEO, blog dan bisnis online ini selalu mendapat kebaikan dan kesejahteraan dalam menjalani kehidupan.

Setelah beberapa waktu lalu saya mencoba berbagi tips mengenai cara membuat blog, cara custom domain blogger dan bisnis internet mencari dollar dari infolinks kali ini saya masih ingin membagi tips yang masih ada keterkaitannya dengan cara meningkatkan bisnis online untuk mendapatkan dollar dari internet. Tips yang akan saya bagikan ini juga merupakan salah satu trik SEO untuk memudahkan sobat dalam mengoptimasi kata kunci yang menjadi target Anda. Apa itu tipsnya? yaitu cara riset keyword untuk meningkatkan dollar adsense dengan keyword everywhere.

Mungkin sobat blogger yang lagi belajar bisnis online masih bingung apa itu riset keyword dan apa manfaat dari riset keyword tersebut. Yang perlu sobat ketahui riset keyword menjadi sangat penting ketika sobat ingin menjadikan blog menjadi ladang penghasilan dari internet.

Beberapa tahun yang lalu sebelum blog ini reborn yaitu sekitar tahun 2009 blog bisnis online ini sempat mempunyai trafik yang lumayan besar yaitu rata-rata hampir 10K visitor perhari. Trafik yang lumayan besar jika dibanding sekarang ini yang agak-agak susah juga untuk meningkatkan pengunjung blog. Emang benar saat ini untuk membuat blog mempunyai trafik diatas 5K perhari cukup sulit dengan skill yang hanya seadanya. Trik SEO yang dulu saya pakai untuk meningkatkan visitor blog agar artikel cepat terindeks di mesin telusur saat ini sangat dilarang untuk digunakan. Akhirnya saya juga harus belajar SEO dari awal lagi agar blog baru yang saya buat ini menjadi lebih bertenaga untuk bersaing dengan para blogger di seantero nusantara untuk mendapatkan klik dari adsense.

Dulu dengan membuat artikel seadanya kemudian disupport beberapa backlink berkualitas blog ini mampu bersaing di halaman satu mesin telusur besutan google, tapi kali ini benar-benar susah apalagi kata kunci dengan nilai cpc tinggi yang dulu tingkat persaingannya masih longgar sekarang sudah semakin ketat. Nah untuk memberi efek yang bagus dalam menaikkan trafik dan dollar adsense diperlukan adanya riset keyword yang mempunyai cpc tinggi dan tingkat persaingannya sedikit.

Emang bisa ya gan? Bisa, walaupun untuk riset keyword tidak serta merta langsung menemukan keyword yang dimaksud tapi saya sudah mencoba beberapa kali dan hasilnya lumayan bagus terutama untuk penghasilan adsense saya.

Tips yang saya gunakan untuk mencari keyword tersebut sangat sederhana dan gratis tapi hasilnya bisa dikataka woow...

OK langsung ke tutorial cara riset keyword untuk meningkatkan adsense. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal Keyword Everywhere.
  1. Buka Google Chrome dan cari Ekstensi bernama Keyword Everywhere atau bisa langsung copy link ini https://chrome.google.com/webstore/detail/keywords-everywhere-keywo/hbapdpeemoojbophdfndmlgdhppljgmp
  2. Klik tombol TAMBAHKAN KE CHROME > Tambahkan Ekstensi
  3. Lihat di pojok kanan atas, bila ada logo bulat warna abu-abu dengan huruf K berarti proses instalasi sukses
  4. Minta API KEY dengan cara klik menu GET YOUR FREE API KEY, kemudian akan muncul kotak formulir seperti dibawah, masukkan email kamu dan jangan lupa centang kotak kecilnya dan Klik tombol EMAIL ME API KEY

  5. Buka email kamu dan copy API KEY yang terkirim ke email.
  6. Untuk cara verifikasi tinggal klik pada logo Keyword Everywhere
  7. Klik Update Setting dan letakkan kode API KEY yang tadi kamu copy ke tombol yang tersedia dan Klik VALIDATE
Sejauh ini proses instalasi Keyword Everywhere sudah sukses tapi belum bisa digunakan secara langsung karena kamu harus memakai bantuan situs keywordtool.io.


Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
  1. Buka situs keywordtool.io, pilih bahasa Indonesia dan ketik kata kunci yang ingin kamu riset di kotak yang tersedia. Untuk contoh saya mencoba keyword Bisnis Online, sudah ketemu 318 unique keyword tapi hasilnya masih disembunyikan. Cara untuk mengetahui hasil dari pencarian keyword tersebut yaitu dengan menggunakan Keyword Everywhere, caranya tinggal klik tombol Copy/Export All > Copy to Clipboard. (Lihat gambar dibawah)

  2. Klik logo Keyword Everywhere lagi dipojok kanan atas terus klik Import Keyword setelah terbuka taruh hasil kata kunci yang dicopy tadi ke kotak yang tersedia dan tekan tombol Get Metrics.
  3. Akan muncul hasil kata kunci bisnis online yang kamu cari seperti gambar dibawah.

Setelah muncul hasil dari kata kunci yang kamu cari saatnya memilih/mensortis keyword yang cocok untuk dioptimasi lebih lanjut. Untuk mencari keyword yang pas dan bagus untuk dioptimasi sebaiknya sobat mencari kata kunci yang mempunyai nilai seperti berikut :
  • Search Volume : cari kata kunci yang nilainya minimal 10.000
  • Competition/Persaingan : Untuk blogger pemula seperti saya cari nilai kompetisi dibawah 0,5 sudah cukup karena kalo lebih dari itu tentu persaingan di mesin pencari akan semakin berat tapi kalo kamu sudah mencapai kategori mastah silahkan mencari nilai kompetisi diatas 0,5.
  • CPC : Kalo sobat mau optimasi untuk Adsense tentu nilainya lebih tinggi lebih bagus.
Nah sekarang bagaimana caranya riset keyword untuk meningkatkan trafik blog. Pada dasarnya cara mencari keyword untuk meningkatkan trafik blog hampir sama dengan dengan cara diatas yaitu memilih Search Volume diatas 10.000 dan Competition dibawah 0,5. Dan setelah menemukan keyword yang kamu cari contohnya Bisnis Online kamu bisa optimasi dengan membuat artikel dari keyword turunan yang dihasilkan dari Kerword Everywhere kemudian arahkan link ke keyword utama. Contoh digambar atas, keyword turunan dari Bisnis Online adalah bisnis online yang menjanjikan, bisnis online shop, bisnis online 2018 dll.

Nah itulah cara riset keyword untuk meningkatkan trafik blog, semoga artikel ini membantu sobat memahami cara mencari keyword yang bagus untuk meningkatkan Adsense dan trafik blog Anda. Kalo anda pedagang online di facebook, bisa mencari informasi tips menaikkan penjualan facebook DI SINI. Terima kasih


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM akan langsung di hapus..!!