Tuesday, 27 November 2018

6 Cara Jadikan Blog Sarana Pesugihan (Cara Monetisasi Blog)

Cara Hasilkan Uang dari Blog

Blog sudah menjadi sarana pesugihan buat kalangan blogger di Indonesia dan ini bukanlah berita hoax yang sengaja saya ciptakan untuk mendongkrak pengunjung blog ini. Sudah sejak lama blog menjadi sarana sebagian pengguna internet untuk dijadikan pesugihan diri sendiri dan saya adalah termasuk salah satu diantaranya walaupun sampai saat ini belum bisa dikatakan berhasil namun paling tidak sudah melalui proses demi prosesnya.

Bagaimana cara mudah hasilkan dollar dari blog

Pertanyaan ini pasti terbersit di fikiran sobat saat tersesat mengunjungi artikel ini kan? OK saya akan membahas satu persatu cara hasilkan dollar dari blog dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kenapa judulnya saya buat seperti kalimat yang diatas? Ya karena membuat judul yang provokatif adalah cara untuk mendapatkan pengunjung agar rela untuk membacanya, namun isinya tetap sesuai dengan judul artikel kan?

Banyak blogger baru ingin tahu cara menghasilkan dollar dari blog namun mereka tidak tahu cara memulainya. Kalo membuat blog itu memang mudah tapi untuk tahu cara menghasilkan dollar dari blog tentu ada sedikit triknya. Dari beberapa sobat blogger ada yang serius mengelola blog mereka dan benar-benar menggeluti dunia bisnis online agar blog bisa menghasilkan uang. Ada juga yang mengelola blog setengah-setengah dan tujuannya sekedar untuk menutupi biaya internet selama sebulan. Namun ada pula blog cuma dijadikan sarana menyimpan data-data seperti foto, video dan lain-lain. Kalo saya mungkin termasuk blogger yang mempunyai tujuan pasti tanpa basa-basi yaitu ngeblog untuk dollar..

Cara Mudah Hasilkan Dollar dari Blog


Berikut adalah lima cara menghasilkan uang dari blog sobat dan usaha awal belajar bisnis online untuk menambah pemasukan ke kantong pribadi dari blog sobat.

1. Menjadi Affiliate Marketing
Gabung menjadi affiliasi adalah salah satu cara mudah dan gratis yang bisa Anda coba untuk menghasilkan dollar melalui blog. Ada beberapa situs-situs toko online besar dari luar negeri yang bisa kamu manfaatkan untuk mendulang dollar seperti Amazon, Clickbank, eBay dan lain-lain. Anda cukup buka situsnya dan gabung secara gratis dan ambil scriptnya lalu pasang di blog.

Kelebihan : Menjadi affiliate marketing daftarnya gratis dan konsep iklan sangat menarik. Kita tinggal memasang scriptnya diblog dan iklan secara otomatis akan tampil di blog. Selain itu, karena situs-situs seperti amazon, ebay, dan clickbank pusatnya ada di luar negeri mereka membayarnya dengan dollar.

Kekurangan : Blog harus mempunyai pengunjung melimpah dengan keyword tertarget, produk dari luar negeri walaupun kualitas produk rata-rata bagus namun untuk kalangan pembeli lokal sulit untuk menawarkan produk ke mereka. Soluisnya, Anda harus ikut main keyword global dengan cara mereview produk dari situs-situs tersebut di blog Anda dengan menggunakan bahasa Inggris. Karena rata-rata anggota dari affiliate marketing berasal dari luar negeri mau tidak mau kamu harus ikut bersaing dengan mereka dan mengikuti cara-cara mereka untuk bisa menghasilkan dollar dari blog Anda.

Kesimpulan: Untuk bergabung menjadi affiliate marketing harus dilakukan dengan fokus dan mempunyai skill SEO yang mumpuni karena kamu nantinya akan bersaing dengan mastah-mastah SEO dari luar negeri yang tentunya menawarkan barang yang mungkin bisa sama dengan Anda.

2. Menawarkan Slot Iklan
Menawarkan slot iklan di blog juga menjadi salah satu cara mudah mencari penghasilan dari blog, syaratnya blog kamu wajib mempunyai pengunjung puluhan ribu perhari kalo tidak mana mungkin ada pengiklan yang mau pasang iklan di blog Anda.

Menawarkan slot iklan di blog juga ada kelebihan dan kekurangannya, apa saja?


Kelebihan : Kamu bisa menentukan sendiri harga dan konsep yang pantas untuk pasang iklan diblog Anda, tentunya ketika blog Anda mempunyai pengunjung hingga puluhan ribu per hari maka harga juga semakin tinggi, istilahnya "ada harga ada visitor", mungkin gitu kali ya, he..he..

Letak slot iklan dan ukuran juga menentukan besar-kecilnya harga iklan. Posisi di Header dengan ukuran 960x90 tentunnya beda harga dengan posisi iklan di bawah artikel dengan ukuran 200x200.

Kekurangan : Biasanya konsep dan desain iklan kita sendiri yang membuatnya, jadi setidaknya kamu harus bisa menggunakan program seperti photoshop, corel draw dan sejenisnya. Harus mempunyai blog dengan trafik pengunjung yang besar.

3. Review
Untuk tips selanjutnya adalah menghasilkan dollar dengan cara mereview situs toko online, produk dan lain-lain. Cara ini bisa dibilang cukup mudah karena kamu tinggal daftar (gratis) disitus program PTR selanjutnya kamu diminta untuk invite blog kamu. Cara mendapatkan job review biasanya melalui bidding. Setelah mendaftarkan blog, kamu diminta melakukan penawaran harga yang kamu patok untuk setiap review yang kamu posting di blog kamu. Sekiranya ada pengiklan tertarik dengan penawaran yang kamu lakukan nanti dari pihak situs penyedia layanan PTR akan memberitahukan melalui email.

Intinya situs penyedia PTR tersebut cuma menjembatani antara kamu dengan pengiklan yang butuh review produknya melalui blog kamu.

Kelebihan : Daftarnya GRATIS dan mudah, kebanyakan situs penyedia PTR berasal dari luar negeri dan bonus yang diberikan adalah dollar.

Kekurangan : Harus mempunyai blog dengan domain authority (DA) dan page authority (PA) yang tinggi, tidak perlu trafik yang melimpah yang penting nilai DA/PA tinggi. Biasanya klien lebih tertarik dengan blog dengan DA/PA diatas 40. Kalo dulu patokannya masih pagerank, blog dengan pagerank diatas 3 pasti banyak klien yang nawar.

4. Ebook
Cara lain yang bagus menghasilkan pendapatan di blog sobat adalah dengan menulis sebuah ebook dan menawarkannya untuk dijual melalui blog sobat. Banyak tukang bisnis online yang sudah sukses dengan menjual ebook yang mereka ciptakan. Mungkin kamu tahu pebisnis online asal semarang, Joko Susilo (JS), terlepas dari pro dan kontra mengenai joko susilo didunia bisnis online saya menganggap bahwa dia termasuk pebisnis online yang sukses.

Kelebihan : Karena saya belum pernah menjalani bisnis online dengan menjual ebook, jadi pemahaman saya mengenai bisnis yang satu ini masih minim, mungkin sosok pebisnis online seperti JS bisa menjadi acuan anda kalo menekuni bidang bisnis online yang satu ini.

Kekurangan : Kamu harus pandai menulis dan tentunya ebook yang kamu ciptakan harus benar-benar ada manfaatnya untuk orang lain kalo tidak siap-siap anda akan menjadi bahan bullying konsumen dan calon konsumen anda. Dan yang pasti itu akan menjatuhkan prestise kamu sebagai pebisnis online.

5. Penayang Iklan
Cara ini adalah yang paling umum dilakukan oleh para blogger baik pemula maupun yang sudah profesional. Dari hasil yang mereka peroleh perbulan dengan menjadi penayang iklan, rata-rata  mereka bisa membiayai hidup mereka bahkan tidak sedikit blogger yang sukses dan bisa membiayai kuliah atau bisa membeli rumah dan mobil.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang membuka lowongan blogger menjadi penayang iklannya, diantaranya adalah Adsense, Infolinks, Bidvertise, Chitika, dan lain-lain. Untuk gabung menjadi penayang iklan mereka daftarnya gratis, tetapi prosesnya ada yang mudah dan ada yang susahnya minta ampun. Diantara yang mudah dan gratis gabungnya adalah bidvertiser dan chitika, syarat untuk menayangkan konsep iklan pun tidak susah. Untuk kategori yang susah adalah Adsense dan Infolinks, sebenarnya infolinks tidak begitu susah atau rumit cara daftarnya asal kamu mempunyai blog dengan memakai bahasa Inggris kemungkinan besar akan disetujui walaupun melalui proses review. Sedangkan Adsense merupakan yang paling susah lolos, banyak blogger yang tertarik untuk menjadi penayang iklannya namun mereka harus gigit jari karena blog mereka tidak kunjung disetujui. Di sisi lain banyak blogger yang sukses mendulang dollar per bulan hanya dari adsense, beragam jumlahnya dari yang cuma ratusan dollar perbulan sampai dengan puluhan ribu dollar perbulan. Di Indonesia sendiri sudah banyak blogger yang sukses menggeluti adsense dengan hasil segitu.

Kelebihan : Dollar yang dihasilkan benar-benar nyata dan buktinya sudah banyak blogger yang sukses dengan menjadi penayang iklan khususnya adsense.

Kekurangan : Untuk sukses menggeluti bisnis online ini Anda harus menguasai teknik SEO dan pandai mencari dan memaksimalkan kata kunci karena kata kunci yang tepat akan mendatangkan dollar lebih besar.

6. Tombol Donasi
Dulu banyak blogger yang menambahkan tombol donasi di blog mereka, tujuannya tentu untuk meminta pembaca membuat sumbangan atau menjadi donatur tiap bulan di blog mereka. Uang yang dihasilkan dari donatur biasanya dipakai untuk menjaga dan mengelola blog agar tetap eksis. Buatlah tagline agar pengunjung tertarik untuk menyisihkan sedikit uang mereka demi kemajuan blog sobat. Seperti contoh "Kalau Anda suka blog ini, mengapa tidak membeli secangkir kopi?" Link donasi menuntun pembaca ke akun PayPal di mana donatur/penyumbang dapat dengan mudah membuat sumbangan mereka.

Kelebihan : Kamu akan menerima dollar gratis tiap bulan dari para donatur yang menganggap blog anda layak untuk tetap eksis.

Kekurangan : Yang jelas kamu tentu harus bisa membuat blog kamu benar-benar berkualitas dan bermanfaat buat orang lain terutama bermanfaat buat para donatur blog Anda. Untuk membuat blog yang berkualitas kalo ada kemauan keras pasti tidak ada yang tidak bisa.

Itulah beberapa cara hasilkan dollar di blog yang saya ketahui dan beberapa diataranya sudah mencobanya. Saat ini blog merupakan cara yang paling jelas dan nyata untuk menghasilkan dollar dari usaha blogging anda. Kalau ada kemauan pasti bisa, semangat...!


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!