Sunday, 25 November 2018

Pengertian dan Jenis Teknik Black Hat SEO

teknik black hat seo

Apa itu black hat SEO?

Pengertian dan Jenis Black Hat SEO. Itu yang aku tanya pada diri sendiri ketika suatu kali aq pernah membaca artikel berkaitan dengan black hat SEO dari beberapa blognya mastah, sekedar ingin tahu saja apa yang pernah menjadi pertanyaan fikiran saya tersebut. Karena menurut saya penting sekali mengetahui dan sekaligus mempelajari teknik seo yang beredar di internet. Jenis-jenis teknik seo yang banyak digunakan para blogger kadangkala tidak secara sadar sudah masuk dalam kategori black hat seo yang sangat dilarang penggunaannya oleh google.

Buat semua sobat blogger, artikel ini dibuat bukan untuk mengajak sobat melakukan cara kotor menaikkan SERP search engine google, hanya sekedar pengetahuan agar kita terhindar dari teknik black hat seo secara tidak sengaja lebih-lebih disengaja jangan ah ya. Dan jangan sekali-kali sobat menggunakan cara ini untuk optimasi dengan kata kunci blog utama dengan kata kunci permanen seperti Bisnis Online, Dollar Adsense, dan lain-lain karena nanti sobat akan menyesal.

Hasil dari teknik black hat seo ini biasanya cukup manjur digunakan untuk mengoptimasi artikel blog dengan kata kunci yang sudah ditarget di hasil pencarian google namun biasanya cuma 2-3 hari  atau beberapa hari saja bahkan ada yang cuma muncul beberapa menit lantas hilang. Penggunaan black hat seo biasanya yang banyak digunakan oleh blogger saat mengikuti kontes seo dan penggunaan tersebut biasanya sekitar 1-2 hari ketika kontes seo menjelang finish.

Jenis Black Hat SEO


Pengertian dari black hat SEO sendiri adalah upaya memperoleh SERP tinggi di search engines dengan cara melanggar aturan atau etika search engine. Dalam black hat SEO sendiri terdapat banyak sekali cara untuk melakukannya. Berikut adalah jenis teknik black hat SEO.

PBN (Private Blog Network)
PBN adalah sejumlah blog yang memang dibuat dari expired domain yang biasanya domain tersebut sudah memiliki nilai DA/PA tinggi dan digunakan untuk keperluan menciptakan backlink untuk blog utama. Saat ini banyak blogger yang menggunakan teknik backlink PBN karena memang teknik ini cukup ampuh untuk meningkatkan SERP dibeberapa mesin pencari. Bahkan saat ini banyak blogger yang memanfaatkan PBN ini dengan membuat jasa backlink.

Namun di kalangan mastah seo teknik backlinking dari Private Blog Networks ini masih menjadi pro dan kontra, artinya para mastah seo ada yang berpendapat bahwa PBN sudah termasuk dalam kategori black hat SEO dan bisa berdampak buruk pada blog utama. Di sisi lain banyak pula mastah seo yang masih menggunakan teknik PBN ini untuk kemajuan blog mereka dan setelah mereka mencoba teknik ini berbulan-bulan tidak terjadi dampak yang dikhawatirkan para blogger selama ini.

Jadi intinya kalo menurut saya mungkin untuk algoritma google saat ini masih sah-sah aja memakai PBN sebagai salah satu cara untuk meningkatkan performa blog, yang penting cara penggunannya jangan terlalu ekstrem.


Keyword Stuffing
Teknik struffing keyword ini digunakan dengan cara membanjiri sebuah halaman situs dengan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna search engine. Namun kata kunci tersebut tidak relevan dengan blog sobat.

Invisible Keyword
Teknik ini adalah termasuk yang paling sering dan paling mudah untuk dilakukan, penggunaan teknik ini adalah dengan cara menyamarkan warna kata kunci tersebut sama persis dengan background blog. Pengunjung tidak melihat kata kunci tersebut tapi search engine bot tetap melihatnya karena search engine bot tidak melihat blog berdasarkan tampilan visualnya, namun lebih kearah melakukan pembacaan source code (html code).

Cloaking/Halaman Palsu
Teknik penipuan terhadap search engine bot yang ditargetkan dengan memberi isi palsu kepada bot-bot tersebut. Teknik tersebut dapat membedakan antara search engine bot dengan pengunjung biasa. Misalnya ketika seorang pengunjung biasa yang datang, maka dia akan melihat isi halaman sebenarnya situs anda, Tetapi ketika search engine yang datang, Script Cloaking akan memberikan isi palsu, biasanya berupa halaman yang berisi penuh dengan keyword dan link. Semakin banyak keyword dan link-link kesitus anda yang terindeks oleh search engine bot, maka besar pula kesempatan situs anda muncul di ranking bagus hasil pencarian search engine.

Wiki Spam
Teknik ini juga banyak dilakukan karena sangat mudah digunakan, kita tinggal masuk ke halaman situs wikipedia dan masukan artikel sobat yang telah dibanjiri dengan link blog sobat. Contoh kecil, sobat membuat artikel yang isinya cuma link kata kunci belajar bisnis online yang berjumlah banyak bisa puluhan hingga ribuan kemudian submit artikel tersebut ke situs wikipedia.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian dan jenis teknik black hat seo yang merupakan teknik yang sangat diharamkan oleh search engine terutama google. Jadi sobat jangan mencobanya kalo tidak ingin blog sobat dibanned oleh search engine google.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!