Saturday, 3 November 2018

Tips Lengkap Sukses dan Laris Jualan di Facebook

Tips Sukses Jualan di Facebook

Mau sukses dan laris jualan di facebook? coba terapkan tips brilian ini. Saat ini cara berjualan online lewat media sosial sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas dan banyak pelaku bisnis online yang sudah meraup puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah hanya dengan jualan melalui media sosial seperti facebook, instagram dan whatsapp. Kisah pengalaman dari orang-orang yang sudah sukses berjualan di media sosial menjadi tentunya sudah menjadi inspirasi banyak orang dan membuat orang penasaran untuk mengetahui apa dan bagaimana cara berjualan online yang benar dan nyata bisa meraup keuntungan besar.

Beberapa tahun mencoba peluang bisnis online tentunya menjadikan orang bisa lebih tajam dalam menganalisa apa dan bagaimana jualan di facebook agar produknya laris dan bisa mencapai target yang diinginkannya. Menganalisa produk dan pangsa pasar yang bagaimana yang akan menjadi target penjualan dagangan kita adalah langkah awal kita dalam proses membangun bisnis online yang nanatinya akan menciptakan peluang besar produk yang akan kita pasarkan. Semua pelaku bisnis online maupun offline yang sudah profesional tidak pernah melakukan langkah itu dalam memulai bisnisnya dan itu yang harus kita terapkan dalam membangun bisnis kita di media sosial facebook.

Tips kali ini sekaligus menjadi pelengkap dari artikel saya beberapa waktu lalu yang juga membahas tentang cara jualan di facebook, sobat bisa membuka dan membacanya Di SINI.

Terus langkah apa saja untuk memulai jualan di facebook dan bagaimana serta apa saja tips jitu jualan di facebook.

Proses dalam membangun bisnis online di facebook melalui beberapa tahap yang harus dijalankan dengan komitmen yang tinggi dan dibagi menjadi beberapa point, diantaranya :

  1. Persiapan Akun
  2. Menganalisa
  3. Persiapan Produk
  4. Promosi
  5. Evaluasi

Beberapa point tersebut akan saya jabarkan disini agar sobat bisa memahami sedikit demi sedikit teknik jualan di facebook. Simak dengan lengkap tips yang akan saya bagikan ini ya...

1. Persiapan Akun

Karena disini kita akan membangun bisnis online dengan sarana media sosial Facebook, sobat harus sudah mempunyai akun facebook dan langkah awalnya adalah membuat Fanspage untuk mempromosikan produk dagangan anda.

Untuk mengetahui apa manfaat fanspage dan bagaimana fanspage bekerja? Sobat bisa membacanya melalui artikel memaksimalkan fanspage untuk bisnis online di LINK INI, sobat juga bisa mendownload video tutorial langkah memaksimalkan fanspage untuk bisnis online.

Langkah selanjutnya adalah informasikan secara jelas beberapa informasi yang menyangkut bisnis Anda, diantaranya :


+ Foto Profil yg Jelas
Pakai foto profil yang jelas dan asli karena ini menyangkut kepercayaan dari calon konsumen anda, karena dari penilaian saya selama ini calon pembeli potensial akan lebih percaya dengan foto yang menampilkan pribadi kamu dan biasanya calon pembeli akan menelusuri secara jelas akun kamu selaku penjual.

+ Penjelasan Produk dan Bisnis
Jelaskan secara mendetail produk yang ingin kamu jual, apa saja kelebihan dan kekurangan, serta apa dan bagaimana manfaat yang bisa diperoleh jika mereka jadi membeli produk anda.

+ Kontak yg Bisa Dihubungi
Sertakan kontak rumah atau toko yang bisa dihubungi kapan saja atau selama toko buka, ini akan memudahkan interaksi antara kamu dan pembeli, memudahkan pembeli menanyakan produk yang kamu jual.

+ Alamat Rumah yg Jelas
Selain kontak yang bisa dihubungi, alamat rumah atau toko yang jelas juga menjadi hal yang harus sertakan ketika kamu promosi karena ini juga menyangkut kepercayaan dari calon pembeli potensial anda.

2. Menganalisa

+ Mempelajari Target Pasar
Cara ini harus dilakukan untuk memulai bisnis kamu, cari tahu target pasar yang akan kamu bidik untuk mempromosikan dagangan kamu, contoh kecil ketika kamu menjual produk baju dengan target pasar anak-anak dan remaja pakailah bahasa promosi dengan mengumpamakan kamu sebagai mereka. Pakailah bahasa yang santai (tidak terlalu formal) yang memudahkan mereka mengerti apa yang kamu sampaikan.

Cari waktu yang bagus untuk promosi ke mereka, secara umum waktu yang bagus untuk promosi produk ke mereka adalah ketika mereka pulang dari sekolah atau kegiatan harian yaitu sekitar pukul 01.00 WIB s/d 03.00 WIB atau untuk remaja setelah pukul 19.00 WIB s/d 21.00 WIB karena biasanya dalam waktu-waktu tersebut banyak remaja membuka media sosial.

+ Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda
Cara ini juga wajib dilakukan apalagi produk yang kamu pasarkan sudah banyak pesaingnya, pelajari setiap posting dari kompetitor anda, bagaimana mereka melayani costumer, apa yang ditawarkan oleh kompetitor anda serta pelajari juga posting yang bagimana yang mendapat tanggapan dan like paling banyak dari calon pembeli.

Kumpulkan data tersebut sebanyak-banyaknya dan pelajari kelebihan dan kekurangan semua kompetitor anda dan kalo kamu konsisten pasti lama kelamaan kamu akan jadi yang terbaik.

3. Persiapan Produk

+ Produk Berkualitas

Carilah produk yang mempunyai kualitas bagus, berikan pelayanan yang bagus dengan mengemas produk dengan bagus.

Misal kamu diposisikan sebagai customer tentu kamu tidak ingin membeli sebuah produk yang kualitasnya abal-abal dan kemasannya tidak aman bukan?

+ Memakai Gambar/Foto yang Bagus

Awal mula calon pembeli tertarik dengan sebuah produk adalah melalui foto atau gambar, gambar dengan resolusi yang tinggi lebih menarik calon konsumen untuk melakukan interaksi produk yang kamu tawarkan. Ini sudah dipercaya para pelaku bisnis online dengan platform apa saja entah itu di media sosial ataupun website bahwa calon konsumen lebih tertarik dengan promosi dengan menggunakan teknik visual.

Coba kamu bayangkan ketika kamu membuka sebuah promosi produk dengan disisipkan sebuah foto yang buram, kemungkinan besar kamu pasti berfikiran bahwa produk tersebut pasti tidak bagus dan pastinya terus akan lari.

+ Manajemen Produk

Selalu update barang yang sudah terjual habis, jangan membuat kecewa calon pembeli kamu dengan barang kosong tapi produk iklan masih terpampang di etalase.

Ketika kamu menjumpai hal yang demikian dipastikan kamu akan rugi dua kali yaitu tentunya rejeki akan lenyap seketika dan kedua biasanya sebuah kekecewaan dari calon pembeli membuat mereka enggan untuk mengunjungi toko anda kembali.

Berikan spesifikasi produk secara jelas dan dengan sebenar-benarnya, misal kalo produk dibuat dari kulit sintetis berikan informasi yang sebenarnya jangan membohongi calon pembeli dengan menulis produk dibuat dari bahan kulit asli.

Berikan kategori yang jelas pada masing-masing produk agar calon pembeli bisa membedakan dan mempelajari mana produk yang sesuai kebutuhannya.

4. Promosi

Dalam hal jualan online proses yang terpenting dari semuanya adalah promosi dan dalam promosi sendiri juga ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh seorang master jualan di facebook.

+ Konten Pemasaran

Di luar sana ada jutaan pengguna facebook yang aktif setiap harinya, kamu harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun bisnis online anda dengan memanfaatkan mereka caranya dengan mempromosikan fanspage bisnis kamu ke mereka.

Sekali-kali kamu bisa memposting berita yang lagi viral ke fanspage kamu agar mereka tertarik untuk mengunjungi fanspage kamu, syukur-syukur bisa berinteraksi dengan mereka melalui komentar dan like.

Menyusun konsep promosi bisnis dan memposting hal yang bermanfaat orang lain juga menjadi cara bagus untuk membangun bisnis kamu.

Di salah satu website pakar bisnis online di Indonesia digitalmarketer dijelaskan bagaimana cara posting yang bagus dan bermanfaat untuk orang lain, contohnya seperti berikut:

Ketika ada seorang pengguna facebook saya sebut saja Naddin. Naddin mempunyai penyakit perut yang sudah lama dia alami dan dia mencari cara menanggulangi sakit perutnya, berikan penjelasan yang rinci mengenai penyebabnya dan solusinya. Setelah memberikan penjelasan penyakit perut secara detail, berikan Solusi produk kamu dalam menanggulangi penyakit perut dan kemudian masuk ke penjualan di akhir posting.

+ Posting Grup yg Masih Berhubungan

Carilah grup di facebook yang masih berhubungan dengan produk jualan bisnis online kamu, dan usahakan aktif di grup tersebut tiap hari. Interaksi anda di grup secara berkala sangat penting dengan cara memberikan solusi kepada pengguna lain, dalam memberikan solusi jangan mengarah dulu ke produk jualan untuk memberikan kesan bahwa kamu memberikan solusi dengan ikhlas dan juga memberikan kesan kepercayaan kepada pengguna lain. Gabung ke grup tersebut sebanyak-banyaknya.

Setelah kepercayaan tumbuh dari pengguna lain secara perlahan-lahan kamu bisa masuk ke sesi penawaran produk, dalam menawarkan produk jangan terlalu menggebu-gebu dan gunakan bahasa penyampian yang halus.

Menurut para mastah jualan online perbandingan antara aktif di grup dan soft selling sekitar 1:4 s/d 1:5.

+ Facebook Ads

Jangan melulu memakai cara yang gratisan, cobalah memakai jasa premium untuk mempromosikan produk jualan kamu memakai jasa facebook ads. Facebook ads mempunyai konsep dan opsi promosi yang sangat bagus. Kamu bisa memilih target yang akurat untuk promosi dagangan kamu melalui facebook ads.

Kamu bisa menargetkan berapa jumlah pengguna facebook yang akan kamu bidik setiap minggunya serta bisa mengatur sendiri budget iklan untuk promosi di facebook ads sesuai kebutuhan. Sebagai permulaan kamu bisa mengalosikan dana sekitar 300rb s/d 1 juta untuk keperluan promosi di facebook ads.

5. Evaluasi

Langkah terakhir agar jualan online kamu laris adalah mengevaluasi semua produk yang ada di etalase toko kamu.

Lakukan evaluasi secara berkala bisa tiap bulan sekali, ini untuk mempelajari semua produk yang ada di etalase toko kamu, sekiranya produk A kurang laku dibandingkan dengan produk lain kamu bisa mempelajari penyebabnya, kemudian lakukan tindakan untuk produk yang kurang laku mungkin dengan cara membuat hot promo "Beli 1 Dapat 2" atau "Anda Kecewa Uang Kembali" dan lain-lain.

Nah lakukan dengan benar dan konsistensi yang tinggi tips-tips tersebut diatas agar hasil yang kamu peroleh mencapai target yang diinginkan, karena bisnis online tidak bisa dilakukan secara instan. Semoga tips jualan di facebook ini bermanfaat untuk sobat bisnis online.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM akan langsung di hapus..!!