Friday, 23 November 2018

Tips SEO Pengertian dan Fungsi Breadcrumb

Tags

Pentingnya Breadcrumb untuk SEO

Tips SEO Pengertian dan Fungsi Breadcrumb. Pada jaman pertama kali saya ngeblog saat itu template yang tersedia khususnya blog dengan platform blogger sangat terbatas dan tampilannya sangat standar banget. Untuk membuat blog dengan fungsi SEO friendly perlunya kita melakukan setting manual agar performa blog menjadi lebih maksimal di mesin pencari. Karena semua blogger tahu blog dengan template yang seo friendly merupakan salah satu kunci agar artikel yang kita posting bisa tampil di halaman satu di mesin pencari.

Menurut para mastah SEO sendiri ciri-ciri template SEO friendly yang bagus dipakai untuk optimasi blog kita diantaranya :

1. Fast Loading
Google sendiri yang merekomendasikan ke semua blogger untuk memakai template yang fast loading, kata google penggunaan template yang loadingnya lama atau lelet akan membuat pengunjung bosan dan segera meninggalkan blog itu sendiri. Dari informasi yang saya dapatkan dari google biasanya pengujung akan meninggalkan blog yang durasi loading diatas 4 detik. Merujuk informasi tersebut ternyata penggunaan template fast loading sangat bagus untuk kemajuan blog yang kita bangun.

2. Mempunyai Meta Tag
Meta tag merupakan identitas dari blog kita sendiri dan juga sekaligus menjadi tanda pengenal kita pada google. Menurut mastah seo yang pernah saya baca dalam postingannya, blog yang bagus terdiri dari 3 meta tag yaitu : meta deskripsi, title tag dan meta keyword.

3. Mempunyai Heading H1 Tag
Penggunaan heading H1 sangat dinamis, pada judul home page menggunakan H2 atau H3 tapi diklik dan masuk ke halaman artikel akan berubah menjadi H1.

Sedangkan pada judul blog yang menggunakan tag H1 pada homepage ketika masuk ke halaman artikel berubah menjadi H2 atau H3 karena tag H1 sudah digunakan oleh judul artikel

4. Mempunyai Navigasi Breadcrumb
Secara umum fungsi utama dari breadcrumb ini merupakan sebuah fitur untuk memudahkan pengunjung mencari lokasi artikel yang kita baca.

5. Menggunakan Internal Link
Penggunaan navigasi atau internal link seperti fitur related post sangat bagus untuk memudahkan pengunjung mencari artikel yang masih berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca.

Itu adalah beberapa ciri template SEO friendly, sekedar untuk memberikan informasi kepada blogger yang lagi belajar mengoptimasi blog agar artikelnya muncul di mesin pencari, kali ini saya ingin sedikit menambah dan membahas fungsi dan manfaat dari breadcrumb yang menjadi salah satu poin penting agar template seo friendly.


Informasi SEO tentang pengertian dan fungsi breadcrumb ini saya tujukan kepada para blogger yang lagi belajar bisnis online ngeblog.

Breadcrumb adalah navigasi menu untuk mempermudah pengunjung web/blog melacak lokasi dalam dokumen dan kembali ke awal dengan mudah. Breadcrumb sendiri biasanya berada pada posisi atas halaman web/blog, biasanya dibawah header.

Contoh breadcrumb adalah seperti gambar dibawah ini.

SEO : Pengertian dan Fungsi Breadcrumb

Menurut Jacob Nielsen, ditinjau dari sisi usability breadcrumb mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

  • Menunjukkan lokasi atau path dari halaman web yang sekarang sedang dikunjungi, relatif terhadap struktur halaman di atasnya.
  • Menyediakan fitur one-click access ke level halaman web di atasnya sekaligus menghindari user tersesat karena terlalu dalam menjelajahi website.


Breadcrumb ini sangat bermanfaat bagi pengunjung tatkala struktur website yang kita bangun memiliki hirarki atau tingkatan.

Macam-macam model yang biasanya dipakai dalam membuat breadcrumb adalah seperti berikut.

1. Horizontal
Model ini yang sudah biasa dipakai para blogger, karena cenderung hemat tempat dan strukturnya lebih mudah dipahami.

SEO Pengertian dan Fungsi Breadcrumb

2. Vertikal
Model yang ini agak memerlukan space yang lebih banyak tetapi tetap banyak yang menggunakannya.

Fungsi breadcrumb untuk SEO

3. Kombinasi horizontal dan vertikal
Walaupun tidak banyak, memasang breadcrumb dengan kombinasi horizontal dan vertikal juga masih ada.

Terus apakah situs yang menunya tidak banyak perlu menggunakan breadcrumb?

Seperti yang telah ditulis di atas, breadcrumb sangat bermanfaat apabila web/blog yang kita buat mempunyai menu dengan beberapa tingkatan/hirarki. Namun bila web/blog kita hanya sedikit menunya kayaknya breadcrumb kurang begitu bermanfaat.

Mungkin setelah membaca sedikit ulasan diatas sobat sudah sedikit agak tahu fungsi breadcrumb, jadi perlu atau tidaknya memasang breadcrumb, ya harus disesuaikan dengan kondisi web/blog sobat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!