Monday, 7 January 2019

Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Penayang Iklan

Cara Mengaktifkan Ads.txt


Cara Mengaktifkan Ads.txt. Beberapa hari yang lalu ketika saya membuka akun adsense, tiba-tiba mendapat notifikasi yang membuat khawatir serta deg-degan karena saya mengira melakukan kesalahan. Notifikasi tersebut kira-kira kalimatnya seperti berikut :

Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.

Kan takut juga mendapat peringatan dari adsense yang kayak gitu, langsung deh saya buru-buru cari tahu kira-kira kesalahan apa yang sudah saya perbuat. Setelah cari tahu kesana kemari ternyata ada kebijakan dari adsense untuk semua publisher bahwa mulai saat ini adsense menyarankan semua publishernya untuk mengaktifkan Ads.txt.

Apa Itu Ads.txt


Seperti yang dikutip oleh Google Ad Manajer dalam situsnya berikut ini

Ads.txt merupakan inisiatif IAB untuk menyempurnakan transparansi pada iklan terprogram. Penayang dapat membuat ads.txt sendiri untuk mengidentifikasi penjual yang diizinkan menjual inventarisnya. File ini tersedia secara publik dan dapat di-crawl oleh pembeli, bursa, dan vendor pihak ketiga.

Penggunaan ads.txt tidak bersifat wajib, namun sangat disarankan. File ads.txt dapat membantu Anda melindungi merek dari inventaris palsu, yang sengaja diberi label yang salah sebagai berasal dari domain, aplikasi, atau video tertentu. Mendeklarasikan penjual resmi dapat membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mungkin mengarah ke inventaris palsu.
Diberlakukannya pengaktifan Ads.txt untuk semua publisher adsense dengan tujuan untuk melindungi penayang iklan dan pengiklan itu sendiri karena mungkin saat ini adsense telah mendeteksi banyak penyalahgunaan yang dilakukan oleh publisher adsense yang merugikan pihak pengiklan.


Seperti contoh kasus beberapa waktu yang lalu dengan maraknya aksi bomb klik, bom klik adalah aktifitas klik iklan berulang-ulang yang dilakukan oleh penayang. Aksi ini tidak saja merugikan seorang pengiklan karena harus membayar sesuatu yang bisa dikatakan fiktif, tapi juga merugikan seorang publisher adsense karena tentunya pihak adsense akan langsung menendangnya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ads.txt


OK, buat sobat yang pernah mendapatkan notifikasi seperti diatas kamu bisaa segera mengaktifkan ads.txt dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Masuk ke akun "blogger" > "Setelan" > "Preferensi Penelusuran" > "Monetisasi" > klik "Edit". Pada tulisan "Aktifkan konten ads.txt kustom?" ceklist OK.

  2. Masukkan kode berikut di kotak yang sudah tersedia :
    google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

    Contoh bisa dililhat pada gambar berikut ini


  3. Ganti kode yang saya blok merah dengan ID Adsense yang kamu miliki

  4. Klik SIMPAN

  5. Setelah sobat mengaktifkan ads.txt biasanya iklan tidak akan muncul hingga 1x24 jam

Setelah semua proses selesai coba cek apakah kode ads.txt yang kamu pasang sudah aktif apa belum dengan cara mengetikkan url berikut di browser pencarian.

www.nama_domain.com/ads.txt

Ganti nama_domain dengan alamat blog kamu.

Sebenarnya tidak cuma Adsense saja yang memberlakukan pengaktifan ads.txt ini, di beberapa jaringan iklan seperti infolinks, chitika juga menerapkan hal yang sama.

OK sobat begitulah kira-kira cara mengaktifkan ads.txt, untuk kamu yang mempunyai blog dengan sub domain dari domain utama kamu tidak perlu mengaktifkan lagi ads.txt ini cukup di blog yang utama saja.


Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!