Monday, 14 January 2019

Cara Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

Cara Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

BAGIKAN ARTIKEL »

Cara Mudah Menggunakan Google Keyword Planner

Cara Riset Kata Kunci. Keyword Planner adalah tool gratis yang biasa dipakai oleh blogger untuk riset keyword atau mencari kata kunci.

Bagi seorang blogger riset kata kunci merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembuatan blog untuk kedepannya karena langkah ini merupakan salah satu penentu untuk mengoptimasi kata kunci agar trafik blog bisa menjaring pembaca lebih banyak. Selain menggunakan Keyword Planner untuk mencari kata kunci yang bagus saya juga menggunakan Keyword Everywhere karena sama-sama gratisnya sobat, maklumlah kan blogger newbie.

Kesalahan awal menentukan kata kunci seringkali membuat blogger pemula berhenti ditengah jalan karena usaha mengoptimasi kata kunci blog mereka tidak kunjung membuahkan hasil yang maksimal. Nah untuk itulah Google Keyword Planner membantu blogger terutama yang masih dalam taraf belajar seperti saya ini menentukan kata kunci yang bagus untuk kesuksesan blog dalam menjaring pengunjung.

Namun masih banyak blogger pemula yang belum memahami langkah menggunakan Google Keyword Planner ini karena langkah penggunaannya memang bisa dibilang agak susah, alih-alih menemukan kata kunci yang mereka cari, bahkan kebanyakan blogger pemula malah nyasar kedalam halaman kampanye pembuatan iklan AdWords.

Pengalaman saya waktu pertama kali menggunakan Google Keyword Planner ini juga bisa dibilang gagal karena saya juga salah langkah dalam melalui tahap demi tahapnya. Niat saya menggunakan tool ini untuk mengetahui volume kata kunci tapi ternyata malah disuruh membuat kampanye iklan adwords yang tentunya tidak gratis. Biasanya penampakannya seperti gambar ini.

Cara Kampanye Iklan AdWords

Mungkin sobat pernah mengalami hal serupa yang pernah saya alami?


Kalo iya berarti langkah sobat sangat tepat membaca post ini karena saya akan membahas cara menggunakan keyword planner untuk pertama kali melalui blog belajar bisnis online ini agar selanjutnya tidak salah lagi untuk melalui proses penggunaan tool gratis dari google ini.

Cara Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci


Nah untuk sobat blogger yang belum pernah menggunakan keyword planner ini atau sudah pernah menggunakan tapi gagal maning,,,, gagal maning silahkan ikuti langkah-langkahnya secara teliti

1. Buka halaman Google Keyword Planner di link berikut : https://adwords.google.com/KeywordPlanner.

2. Masuk/Sign in dengan email (Gmail) dan password sobat

3. Untuk langkah yang ketiga ini yang menentukan gagal atau tidaknya proses yang kamu lalui. Setelah masuk dan terbuka halaman "Selamat Datang di Google Ads?" klik Lewati penyiapan terpandu dan INGAT...!! jangan menekan tombol Lanjut, lihat panah merah pada gambar dibawah.

Panduan Kampanye Google AdWords

4. Selanjutnya akan muncul halaman baru, masukkan Gmail kamu. Untuk Negara, Zona Waktu dan Mata Uang isi dan sesuaikan pilihan. Kemudian tekan tombol Simpan dan lanjutkan.

5. Setelah terbuka tekan fitur dengan logo gambar kunci kemudian tekan Keyword Planner.

Cara Memulai Google AdWords Planner

6. Setelah terbuka akan tampil dua kotak, dan klik salah satu : Dapatkan volume penelusuran dan perkiraan

Langkah Awal Menggunakan Keyword Planner


7. Silahkan ketik kata kunci yang mau di cek volume pencariannya di kotak yang tersedia, kamu bisa mengetikkan lebih dari satu kata kunci. Tekan tombol MULAI


8. Sobat bisa lihat hasilnya seperti dibawah ini, kata kunci yang saya ketikkan di kolom hanya sebagai contoh.

hasil riset menggunakan keyword planner

Untuk menentukan target/lokasi negara sobat bisa mencarinya di menu bagian atas halaman Rencana kata kunci, lihat panah merah pada gambar dibawah.

Untuk mencari volume pencarian pada kata kunci yang lain, sobat bisa tekan tombol + bulat warna biru.

hasil riset kata kunci google adwords

OK selesai sudah posting tutorial tips ngeblog saya kali ini mengenai Cara Menggunakan Keyword Planner, semoga postingan saya ini membantu sobat yang lagi belajar ngeblog memahami langkah awal menggunakan keyword planner. Monggo kalo dirasa artikel ini bermanfaat untuk teman atau keluarga anda, bisa dibagikan melalui tombol media sosial dibawah ya sobat. Terima kasih, Semoga bermanfaat....!


Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!