Monday, 21 January 2019

Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas di Blog

Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas di Blog

BAGIKAN ARTIKEL »

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel Berkualitas. OK sobat masih bersama tulisan saya yang sederhana dan amburadul tapi tetap semangat untuk memberikan informasi yang mungkin berguna untuk kamu yang lagi belajar ngeblog dan tentunya masih dengan blog belajar bisnis online.

Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa google masih memprioritaskan originalitas artikel untuk ditampilkan di mesin telusurnya, mereka masih menganggap bahwa artikel berkualitas adalah point penting dalam sebuah tulisan informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Bagaimanapun hebatnya teknik seo kita dalam mengoptimasi sebuah artikel namun kalau kaedah kemurnian dalam membuat artikel masih dikesampingkan maka google tidak akan menganggapnya karena sekarang ini originalitas sebuah artikel masih menjadi raja terutama di mesin pencari milik google ini.

Jadi untuk sobat blogger yang lagi belajar ngeblog seperti saya, sabarlah dalam mengelola sebuah blog sampai menjadi blog berkualitas, tetaplah berimajinasi dan fokus pada pengelolaan blog yang bagus untuk mesin pencari dan pembaca, jangan pernah ada fikiran untuk copas dalam membuat sebuah artikel yang berguna. Dan menurut saya yang tidak kalah pentingnya untuk blogger terutama yang lagi belajar ngeblog adalah tanamkan konsistensi dalam diri anda, mengupdate artikel secara rutin itu bagus tapi lebih bagus lagi konsistensi anda dalam ngeblog itu sangat dibutuhkan jangan cuma semangat diawalnya aja tapi ditengah-tengah ngedown.

Untuk itu kita sebagai blogger juga harus mengikuti aturan google agar artikel dalam blog kita masih bisa bersaing di mesin telusurya google. Selain artikel yang original ada beberapa tips cara menulis agar artikel kita SEO friendly atau ramah terhadap mesin telusur agar artikel mudah dan cepat terindeks. Tips menulis artikel SEO frienldy yang akan saya bagikan selain bersumber dari pengalaman saya dalam ngeblog selama ini juga saya ambil dari beberapa blog mastah yang saya baca.

Apa saja tips menulis artikel SEO friendly yang menjadi point penting dalam membuat sebuah artikel? OK simak tulisan ini sampai selesai ya sobat....

Tips Menulis Artikel SEO Friendly


1. Mengutamakan User Experience


User Experience (UX) atau bisa juga di istilahkan sebagai pengalaman pengguna.

Pada point pertama ini sangat penting sekali dalam usaha membuat artikel yang SEO friendly dan sengaja saya tempatkan pada point paling atas karena pada dasarnya user experience memang susah atau bahkan mungkin tidak bisa dimanipulasi seperti halnya sebuah backlink ataupun konten itu sendiri karena memang itu diluar kendali kita sebegai pengelola blog atau website.

User Experience sendiri saat ini masih menjadi faktor utama yang digunakan google untuk mengurangi bentuk manipulasi rangking di mesin telusurnya.

Yang dimaksudkan user experience sendiri adalah kegiatan pengguna saat mereka menjelajahi blog kita dari seberapa lama mereka membaca artikel di blog kita, bagaimana respon pengguna terhadap artikel yang sudah dibacanya, dan apa saja yang mereka buka waktu menjelajahi blog kita.

Gampangnya seorang pengguna yang lebih lama membaca dan menjelajah blog kita maka akan dianggap berkualitas oleh google.

Meskipun masalah ini masih ada yang setuju dan tidak namun selama ini kita tahu bahwa google bisa membaca ataupun melacak kegiatan-kegiatan browsing para pengguna dengan tool-tool yang mereka punya seperti google toolbar, google analytic dll.

Terus apa saja point-point dalam User Experience tersebut?

Faktor User Experience

Salah satunya adalah artikel berkualitas serta beberapa faktor user experience seperti berikut ini:

  • Desain Blog
  • Desain blog yang enak dilihat bisa membuat pengunjung lebih nyaman untuk membaca dan menjelajah blog kita. Tampilan blog atau website dengan mengatur posisi widget yang pas dan bagus, kadangkala banyak blogger yang ingin cara cepat mendapat uang diblog dengan memasang widget iklan yang terlalu banyak sampai menghalangi penyajian artikel utama, itu akan membuat pembaca anda kabur karena tidak nyaman dalam membaca akibat penggunaan tata letak widget yang mengganggu.
  • Navigasi yang Mudah
  • Penggunaan navigasi dalam sebuah blog juga menjadi bagian penting agar pembaca mudah menjelajah dan menemukan artikel yang mereka cari dan kembali lagi ke awal, pemasangan breadcrumb menjadi salah satu solusi. Untuk membaca lebih lengkap mengenai pengertian dan fungsi breadcrum sobat bisa klik DI SINI 
  • Mengurangi Kesalahan Ejaan
  • Ini masih menjadi sebuah kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula, padahal kenyamanan seorang pembaca melalui sajian artikel yang enak dibaca dengan tata bahasa yang runtut dan ejaan yang benar. Banyaknya kesalahan ejaan dalam sebuah kata atau kalimat akan membuat orang bosan membacanya.
  • Interaksi yang Baik
  • Memanfaatkan fitur komentar untuk berinteraksi dengan pembaca blog anda itu sangat dibutuhkan. Tanya jawab dengan pengunjung blog, jawab pertanyaan dari para pengunjung blog anda secara cerdas dan bijaksana. Namun kadangkala ini masih menjadi masalah buat blogger yang tidak menguasai tema artikel yang dia posting, dan ini perlu dibenahi.
  • Jenis dan Ukuran Font yang Mudah Dibaca
  • Jenis dan ukuran font bisa menjadi masalah buat pembaca blog anda, pilihlah jenis font yang standar. Jenis dan ukuran font itu sendiri harus memenuhi kriteria scannability dan readability agar pengunjung nyaman dalam membaca artikel di blog sobat. 
    Pengertian scannability adalah agar teks mudah dipindai sedangkan readability adalah mudah dibaca yang artinya jenis font sebuah blog atau website harus enak dibaca dan tidak melelahkan mata pembaca blog sobat. 
    Jenis font yang bagus untuk sebuah website atau blog seperti : verdana, arial, helvetica, sans-serif. Sedangkan ukuran font standar yang bagus untuk website atau blog sekitar 13 - 14, namun itu bukan sebuah patokan yang baku karena bisa juga font harus menyesuaikan desain template itu sendiri.
  • Responsive Template
  • Desain template blog yang responsive juga menjadi salah satu point yang penting untuk memudahkan pengunjung atau pembaca anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui semua perangkat. Desain template blog responsive akan menyesuaikan saat pembaca blog sobat mengaksesnya melalui laptop, smartphone dan tablet.
  • Fast Loading
  • Ketika kita mengunjungi dan menjelajah sebuah blog atau website dan desain blog ringan serta cepat terbuka maka kita akan betah untuk berlama-lama menjelajah semua artikel yang tersaji di blog tersebut, bandingkan ketika kita membuka sebuah blog dengan loading yang lama maka kita akan segera meninggalkannya, itulah pentingnya desain blog yang fast loading.

Intinya adalah tujuan kita menyajikan artikel atau konten-konten berkualitas dengan target utama pembaca blog kita.

2. Menggunakan Kata Kunci di Judul Artikel



Penggunaan kata kunci dalam sebuah judul artikel harus dilakukan dalam membuat artikel seo friendly agar blog kita bisa bersaing di halaman mesin pencari. Ini tidak bisa kita pungkiri lagi karena judul merupakan elemen pertama yang akan dicrawl oleh spider dalam hasil pencarian di search engine.

Jumlah kata dalam penggunaan kata kunci di judul artikel juga mempengaruhi tingkat keefektifan dari hasil pencarian. Pada umumnya google lebih banyak menampilkan judul artikel yang jumlah katanya tidak melebihi dari 60 karakter di dalam hasil pencariannya. Posisi atau penempatan dalam penggunaan kata kunci pun sangat mempengaruhi hasil pencarian, penempatan kata kunci diawal kalimat akan lebih baik. Tapi tetap saja penempatan kata kunci harus tetap disesuaikan dengan penggunaannya di semua kalimat judul, jangan karena ingin judul yang seo friendly lantas keruntutan teks judul artikel dikesampingkan dan tentu menjadi tidak enak dibaca.

3. Artikel Lebih Panjang Lebih Bagus


Kenapa harus artikel yang panjang?

Menurut analisa yang dilakukan oleh backlinko.com terhadap 1 juta pencarian google bahwa berdasarkan hasil data SERP dari SEMRush kecenderungan website yang tampil di hasil pencarian google pada halaman pertama mempunyai rata-rata panjang artikel 1.890 kata. [Lihat Gambar]

cara menulis artikel berkualitas

Tapi yang perlu ditekankan lagi adalah bahwa tidak semua artikel panjang berarti berkualitas tergantung dari cara pembahasannya. Pembahasan tema dengan bahasa yang tidak bertele-tele tentu akan lebih enak dibaca oleh pengunjung dan juga bisa lebih luas dalam menjelaskannya secara detail dan mendalam.

Kesimpulannya bahwa artikel berkualitas rata-rata mempunyai panjang artikel lebih dari 1000 kata dengan bahasa penyampaian efektif, tidak muter-muter dan tidak hanya untuk sekedar mencari kata kunci serta memenuhi target SEO. Karena pada akhirnya tujuan utama kita membuat artikel untuk dibaca oleh pengunjung malah dikesampingkan.

4. Menggunakan Internal Link


Internal link adalah link yang mengarah pada halaman artikel dalam satu blog. Pengalaman saya sejak mulai ngeblog sekitar tahun 2009 sampai sekarang memang jenis link ini merupakan salah satu backlink berkualitas yang disukai oleh google dan banyak mastah yang merekomendasikan jenis link ini, backlink jenis ini disebut juga link juice,

Perumpamaan link juice adalah bensin, bensin yang mengalir ke halaman website sobat dari sumber eksternal sebuah perusahaan besar seperti Google, maka setiap tetes bensin tersebut sangat penting untuk menjamin peringkat blog sobat ke taraf yang lebih tinggi dan pastinya akan mendongkrak rangking blog dan tunggu hasilnya kesuksesan blog sudah semakin dekat.

Wayne Frisby seorang SEO Expert berkebangsaan Inggris mengulas secara lebih mendalam mengenai pengertian Link Juice ini dalam situsnya, silahkan baca di 5and3.co.uk,

How to Make Link Juice

5. Gunakan URL Pendek yang Mengandung Kata Kunci Utama

Menggunakan url atau permalink yang pendek akan lebih mudah dideteksi oleh google, beda dengan judul artikel yang bisa menggunakan banyak variasi kata kunci. Sobat bisa menggunakan kalimat judul yang kaya variasi kata kunci tapi pakai permalink yang menjadi target utama kata kunci saja. Artikel ini bisa menjadi contohnya :

Judul :  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas di Blog
Permalink : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Permalink diatas itu tercipta secara otomatis karena saya memakai blogger. Kenapa url permalink  jadi pendek padahal judul artikel kan panjang? Jadi secara default blogger akan memangkas sebuah judul artikel yang terlalu panjang yang melebihi 76 karakter (termasuk tanda . - /) yang akan ditampilkan pada urlnya. Jadi untuk penulisan judul artikel yang bagus adalah target kata kunci diletakkan di posisi paling kiri.

Seperti pada contoh judul artikel diatas, target utama kata kunci saya taruh paling kiri agar kalo url permalink terpotong tetap menampilkan kata kunci yang menjadi target saya.

Beda lagi pada blog dengan platfrom wordpress url permalink bisa disetting secara manual, ada beberapa jenis permalink yang bisa dipilih agar blog sobat lebih seo friendly.

cara setting permalink

6. Hindari Penggunaan Bold, Italic, Underline Secara Berlebihan


Beberapa tahun yang lalu penggunaan Bold, Italic, Underline pada kata kunci yang menjadi target seo banyak dilakukan blogger secara berlebihan. Biasanya mereka menggunakannya pada anchor text yang menjadi target SEO saja.

Sebenarnya penggunaan bold, italic, unerline sebagai penanda kalimat atau kata yang penting agar search engine mengenali artikel kita tapi dalam prakteknya masih banyak blogger yang menggunakannya secara berlebihan hanya untuk menembak kata kunci saja padahal dampaknya kurang bagus untuk kemajuan blog, bisa-bisa blog sobat malah terjebak dan terdeteksi sebagai spamming.

OK, itulah beberapa tips menulis artikel berkualitas yang seo friendly, sebenarnya cara menulis artikel seo friendly ini masih banyak triknya dan masih panjang kalo diulas sampai habis. Kalo masih diberi kesempatan lagi mungkin dilain artikel nanti bisa kita sambung kembali  untuk pembahasan topik yang sama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk blogger pemula yang lagi haus info mengenai tips ngeblog, silahkan bagikan artikel melalui tombol sosmed dibawah jika dirasa artikel ini bermanfaat...


Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!