Sunday, 6 January 2019

Tips Ngeblog : Kesalahan yg Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Tips Ngeblog : Kesalahan yg Biasa Dilakukan Blogger Pemula

BAGIKAN ARTIKEL »

Tips Ngeblog Kesalahan yg Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Tips Ngeblog : Kesalahan Yg Biasa Dilakukan Blogger Pemula. OK, sobat pengunjung blog bisnis online yang cakep dan selalu baik hati setelah 2 hari yang lalu saya sudah update informasi mengenai Cara Hasilkan Uang di Internet, kali ini temanya masih sama dengan posting yang kemaren yaitu Tips Ngeblog. Pada posting dua hari yang lalu beberapa tahap tips ngeblog dari tahap pengertian blog s/d cara menghasilkan uang di internet sudah saya informasikan kepada blogger yang mungkin masih membutuhkan informasi tersebut.

Posting kali ini saya ingin memberikan beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula, tujuan saya menulis dan memberikan informasi ini tidak lain adalah agar blogger-blogger yang lagi belajar seperti saya tidak melakukan kesalahan-kesalahan fatal yang pada umumnya sering diakukan atau setidaknya kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir agar dampak buruk kedepan untuk blog yang anda kelola tidak terjadi.

Kesalahan yg Biasa Dilakukan Blogger Pemula


Memang dalam membuat dan mengelola blog tidak serta merta menjadi langsung jadi secara sempurna, kesalahan-kesalahan kerap kali masih terbiasa dilakukan oleh semua blogger yang masih belajar termasuk juga saya. Walaupun saya sudah mulai ngeblog sejak dari tahun 2009 tapi sampai saat ini pun saya masih terbata-bata dalam memahami istilah-istilah dalam dunia perbloggeran, terus terang saja mungkin karena tingkat pendidikan saya yang tidak tinggi jadi jadi tidak memenuhi standar pemahaman dalam dunia blogging.

"Lantas apa saja kesalahan yang lazim dilakukan oleh blogger pemula?"

Terlalu Sibuk Mempercantik Tampilan Blog


Ini memang hal yang lumrah dilakukan oleh blogger yang baru memulai atau dalam tahap mengenal blog. Seperti saya dulu, ketika pertama kali membuat blog (blog pertama bertema informasi seputar naik gunung), karena memang masih bingung cara menulis blog jadi mempercantik tampilan blog adalah rutinitas saya sehari-hari sampai hampir mencapai beberapa minggu. Karena masih dalam tahap belajar menulis, awal memposting artikel di blog cuma tulisan seadanya yang isinya memperkenalkan diri saya dan mengenalkan hobi saya mendaki itupun jumlah kalimatnya cuma beberapa baris saja.

Setelah beberapa bulan otak masih belum jalan untuk membuat artikel yang bermanfaat akhirnya blog saya biarkan begitu saja.

Mempercantik tampilan blog memang perlu tapi kalo tidak ada isinya ya percuma. Sering gonta-ganti template dan juga sering gonta-ganti widget itu sebetulnya tidak perlu karena akan menghabiskan waktu kamu dalam mengelola blog dan yang lebih penting lagi menghabiskan kuota dan akhirnya malah tidak menghasilkan apa-apa dan malah tekor atau rugi materi.

Mempunyai blog dengan tampilan yang bagus dan keren memang menjadi point tersendiri tapi yang lebih penting dalam blog adalah artikel yang informatif dan bermanfaat kepada pembaca. Kepopuleran blog bukan terletak pada tampilan yang keren tapi karena konten-konten yang disajikan dalam blog itu sendiri bermanfaat kepada para pembaca.

Terlalu Fokus Pada Kuantitas


Nah yang ini emang gue banget.... Dulu awal ngeblog hampir 80% isi dalam blog yang saya kelola adalah copas dari berita dari media infromasi yang sudah terkenal. Tapi mungkin copas yang saya lakukan lain dari biasa atau bisa dikatakan bukan copas yang biasa dilakukan blogger-blogger lain, biasanya saya mengambil informasi dari koran-koran atau majalah yang sudah lampau dan artikel yang saya copas biasanya adalah tips-tips yang umumnya ditujukan untuk khalayak umum dan bukan berita musiman seperti berita politik ataupun kriminal.

Mempunyai blog dengan banyak artikel didalamnya memang bagus tapi kalo untuk mendapatkan itu semua hanya copas dari blog orang lain tidak ada gunanya apalagi sejak tahun 2012 yang lalu google memberlakukan algoritma Panda yang mana pada algoritma ini mengutamakan konten-konten yang orisinil, unik dan informatif untuk pembaca.

Memberikan informasi dengan tulisan sendiri dan dengan gaya bahasa sendiri saat ini lebih dibutuhkan dan diutamakan oleh google apalagi untuk kepentingan SEO artikel yang ditulis dengan gaya bahasa kita lebih bagus di search engine.

Jadi kesimpulannya adalah berusahalah dan berproses secara wajar kalo ingin mempunyai blog yang bagus dengan banyak pengunjung. Buatlah konten-konten yang berkualitas untuk kemajuan blog Anda kedepannya.

Banyak Informasi tapi Prakteknya Nol


Biasanya seseorang yang lagi belajar rasa penasarannya memang sangat besar dan selalu ingin tahu, itu sangat wajar. Begitu pula dengan belajar ngeblog, biasanya blogger pemula mempunyai keingin-tahuan akan segala macam tips ngeblog sampai-sampai semua artikel tentang tips ngeblog dilalapnya habis hingga otaknya penuh tapi tidak mempraktekannya karena bingung.

Untuk lebih maksimal dalam mengelola dan mengembangkan blog akan lebih baik pahami dan praktekan satu persatu tips-tips ngeblog biar hasil yang didapatkan lebih cepat kelihatan.


Membaca dan mempraktekkan satu persatu akan lebih bagus hasilnya daripada kebanyakan membaca tapi minim praktek karena pasti hasilnya nol.

Tidak Konsisten


Tidak konsistennya seorang blogger biasanya dipicu karena permasalahan materi penulisan yang kurang banyak hingga untuk membuat artikel menjadi terhambat.

Biasanya memang diawal ngeblog seorang blogger mempunyai semangat yang tinggi sekali setiap hari update artikel bahkan satu hari bisa update artikel hingga tiga kali. Update artikel secara rutin memang bagus untuk membangun sebuah blog yang bagus tapi sebenarnya yang dibutuhkan oleh seorang blogger sejati adalah konsitensi dalam mengelola dan mengembangkan blog itu sendiri.

Terobsesi dengan Statistik


Pada awal ngeblog saya juga mengalami hal tersebut, tiap hari selalu ngecek statistik berapa pengunjung blog hari ini, berapa rangking alexa, berapa DA/PA dll. Apa yang dilakukan tersebut sebenarnya tidak mempengaruhi atau tidak menambah banyak pengunjung blog malah biasanya blog akan menurun kualitasnya karena waktu kita habis hanya untuk ngecek hal yang kurang perlu dan akhirya waktu untuk menulis menjadi terbuang begitu saja.

Terlalu Banyak Blog


Mempunyai puluhan bahkan hingga ratusan blog itu tidak ada yang melarang karena banyak juga blogger-blogger profesional yang mengelola blog hingga ratusan dan memang dari ratusan blog tersebut mereka bisa menghasilkan ribuan dollar perbulan, tapi ingat mereka sudah tahu trik-triknya.

Tapi kalo blogger pemula lebih baik membuat satu blog dulu agar dalam pengelolaannya lebih fokus dan maksimal. Lagian bukan suatu keharusan mengelola blog hingga ratusan walaupun sudah menjadi blogger profesional sekalipun, sedikit tidak apa-apa yang penting blog yang dikelola mempunyai trafik bagus dan penghasilanpun akan mengikuti.

Membahas Terlalu Banyak Topik


Sebenarnya tidak ada yang salah sih membahas banyak topik dalam satu blog karena toh banyak juga contohnya, situs-situs berita online seperti kumparan[dot]com, headlinenews[dot]com, dll juga tidak hanya membahas satu topik saja.

Tapi kalo menurut saya membahas banyak topik dalam satu blog terlalu sulit nantinya dalam menerapkan teknik seo, apalagi kita masih dalam tahap belajar ngeblog saya rasa itu kurang tepat. Lain halnya dengan blogger yang sudah berpengalaman dalam dunia SEO dan biasanya situs-situs berita online seperti yang saya sebut diatas juga dikelola oleh blogger-blogger yang sudah ahli dalam bidang SEO.

Dan biasanya blogger yang membahas banyak topik dalam blognya akan kesulitan dalam mengembangkannya dan blog sendiri tidak memiliki keunikan dan tentunya akan berpengaruh buruk di hasil pencarian.

Terobsesi Untuk Cepat Menghasilkan Uang


Sebenarnya sah-sah saja seorang blogger ingin cepat mendapatkan uang dari blog yang dikelolanya tapi ingat seperti yang sudah sering saya tekankan bahwa ngeblog itu bukan sesuatu yang instan, ngeblog itu butuh konsitensi yang tinggi, butuh tenaga dan fikiran yang ekstra. Jadi janganlah bermimpi untuk mendapatkan uang dari blog hanya dalam waktu satu atau dua minggu karena itu sangat mustahil.

Malah biasanya blogger yang terlalu terobsesi cepat mendapatkan uang dari blog akan cepat putus asa kalo blog yang dikelolanya tidak kunjung menghasilkan uang dan akhirnya cerita pun sudah bisa ditebak, blogger akan putus asa dan berhenti.

Sebaiknya dalam ngeblog itu jangan ada fikiran untuk mentarget 1 atau 2 bulan blog sudah harus bisa menghasilkan uang. Dibuat enjoy itu akan membuat anda lebih cepat mendapatkan ide untuk mengupdate blog, ngeblog itu bukan ilmu pasti karena kemungkinan algoritma pencarian sendiri akan selalu berubah-ubah.

OK sobat, itu beberapa kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula, mungkin setelah sobat membaca artikel diatas akan lebih memperkecil kesalahan yang dirasa memang tidak perlu dilakukan.

Gunakan dan manfaatkanlah mesin pencari google untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai tips ngeblog yang sudah banyak di share secara gratis oleh para mastah.

Tetap konsisten dan jangan pernah bosan untuk mencari pengetahuan-pengetahuan yang baru dalam hal blogging dan akhirnya semoga artikel ini bermanfaat untuk saya dan pengunjung setia blog ini. Terima kasih....

Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!