Friday, 22 February 2019

Sumber Listing sebagai Aset Bisnis Properti Broker Profesional

Sumber Listing sebagai Aset Bisnis Properti Broker Profesional

BAGIKAN ARTIKEL »


Aset Bisnis Properti Broker Profesional

Aset Bisnis Properti Broker Profesional. Setelah kemaren sempat memberikan informasi mengenai Cara Bisnis Properti Tanpa Modal dengan mengandalkan informasi properti dari lingkungan dekat, kali ini saya ingin memberikan informasi yang masih berkaitan dengan cara mencari sumber listing yang bagus dan potensial untuk dijadikan aset bisnis properti Anda.

Apa itu sumber listing?

Untuk menjadi pelaku bisnis properti atau broker properti yang handal tentunya Anda harus mempunyai stok properti yang banyak untuk dijual atau dalam bahasa broker properti lazim di sebut Listingan. Hal ini untuk melancarkan Anda dalam mmemberikan informasi secara lebih detil dan memberikan rasa nyaman calon pembeli ketika mereka bertanya mengenai properti yang ingin mereka cari. Semakin banyak listingan yang Anda update, maka kemungkinan besar properti yang Anda jual juga semakin besar peluangnya untuk bisa laku, disamping cara anda melayani konsumen juga berpengaruh terhadap terjadinya penjualan.

Disini yang perlu Anda ketahui ketika menjadi broker properti bahwa bisnis Anda ini termasuk kategori menjual jasa, jadi kepuasan konsumen sudah menjadi faktor utama untuk memperoleh kepercayaan masyarakat. Jika konsumen puas dengan pelayanan anda, maka mereka akan ingat kembali kepada anda jika ada saudara atau kenalan mereka membutuhkan jasa broker property.

Rekomendasi seperti ini sangat hebat pengaruhnya terhadap terjadinya penjualan properti Anda, karena mereka sudah merasa percaya dengan Anda. Opini mereka sudah terbentuk dengan adanya rekomendasi dari teman atau saudaranya tentang anda.

Lantas darimana saja sumber listing yang harus diketahui untuk membentuk bisnis properti kita lebih berkembang pesat? Mungkin informasi berikut bisa memberikan gambaran dari mana saja sumber listing yang bisa kita gali lebih jauh.

Aset Bisnis Properti Broker Profesional


1. Keluarga dan Teman dari Keluarga


Kenapa sumber listing dari keluarga ini saya urutkan paling atas?
Karena sumber listing dari keluarga inilah yang paling mudah urusannya, dan juga lebih mudah menggali informasi properti yang ingin dijual melalui jasa broker Anda.


Dan satu hal lagi anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk meyakinkan sang pemilik properti untuk menjual propertinya melalui jasa broker Anda karena dalam hubungan kelurga merupakan hubungan paling dekat dan hubungannya sudah terjalin lama dan tentu rasa saling percaya sudah tumbuh sejak bertahun-tahun lalu.

Keluarga bisa jadi orang yang memiliki hubungan kekerabatan atau bisa juga orang lain yang masuk dalam keluarga kita, bisa teman dari salah satu anggota keluarga kita.

2. Sumber Listing dari Teman


Sumber listing ini hampir sama dengan listing keluarga karena juga masih agak mudah untuk di follow up.  Kalo ditelusuri secara lebih mendalam sebenarnya untuk sumber listing ini sangat luas sekali jangkauannya karena listing dari teman bisa jadi tidak cuma teman sekampung tapi bisa juga teman sekolah SD, SMP, SMA, teman kuliah dan tidak menutup kemungkinan teman kenalan. Kenalan sendiri bisa dicari lebih jauh keberadaannya, bisa kenalan dari satu hobi, kenalan organisasi dll.

3. Lingkungan Sekitar


Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa tidak harus saling berinteraksi dengan manusia lain di lingkungan sekitar. Dan biasanya dengan interaksi akan muncul informasi-informasi dari sebuah obrolan yang tidak jarang dari sekedar obrolan tersebut akan memunculkan informasi properti yang bisa Anda tindaklanjuti.

4. Notaris PPAT


Mungkin menurut Anda notaris PPAT hanya sekedar melayani proses pembuatan akta jual beli tanah aja. Anda salah justru dengan menjalin hubungan dengan Notaris dan PPAT, anda bisa memperoleh informasi properti yang valid dan bisa dijadikan aset untuk listing bisnis properti Anda. Dari mereka informasi yang Anda peroleh mengenai properti yang ingin dijual biasanya malah lebih jelas dan lengkap mengenai harga, status properti, dll.

5. Developer Properti


Sumber listing dari developer juga merupakan salah satu yang mudah untuk ditindaklanjuti. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel Langkah Mudah Bisnis Properti, Anda bisa datang secara langsung untuk bergabung atau mengajukan kerjasama kepada pihak developer untuk memasarkan propertinya. Memang biasanya developer sudah mempunyai tenaga marketing, namun sebenarnya mereka sangat terbuka untuk menerima kerjasama dari broker lain untuk memasarkan produk propertinya dengan sebuah perjanjian tertentu.

6. Sumber Listing dari Sesama Broker


Sudah sangat lazim ketika seorang broker bekerjasama dengan broker lain untuk memasarkan sebuah properti, yang dalam istilah property dikenal dengan co-broking. Dua broker yang menjalin co-broking biasanya adalah broker dari pihak penjual dan broker dari pihak pembeli dan pada umumnya komisi yang mereka dapatkan akan dibagi sama besar atau bisa juga sesuai perjanjian sebelumnya.

7. Sumber Listing dari Bank


Bagi seorang broker properti ada keuntungan tersendiri ketika mereka bisa menjalin hubungan atau berkenalan dengan orang yang bekerja di bank. Biasanya listing dari bank berkaitan dengan adanya properti yang akan dilelang karena kredit macet. Informasi seperti ini sangat berharga karena kemungkinan kita akan memperoleh harga yang bagus.

Dalam proses ini biasanya terjadi kerjasama win-win antara professional broker dan bank sebagai pemegang jaminan, karena pada dasarnya bank lebih suka kredit macet secepatnya diselesaikan.

Salah satunya adalah dengan cara menjual jaminan tanpa melalui lelang yang menjadi penyelesaian akhirnya.

Karena jika penyelesaian dengan lelang, maka akan ada sederet proses yang memakan waktu, karena sebenarnya kepentingan bank hanyalah hutang segera dilunasi.

Itulah beberapa sumber listing yang bisa dicari untuk dijadikan aset bisnis properti Anda, banyak sekali sumber listing yang bisa Anda cari untuk dijadikan ladang bisnis properti Anda. Mulailah menggali informasi tentang properti dari yang mudah dulu seperti keluarga dan teman-teman anda.

Bersikaplah bahwa kamu adalah seorang broker profesional dan itu akan menumbuhkan kepercayaan orang lain dan menanmkannya ke memori otak mereka.

Terima kasih sudah berkunjung dan menjadi pembaca yang baik di blog panduan bisnis online, semoga isi dari artikel disini bermanfaat untuk anda semua.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!