Tuesday, 12 March 2019

Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat

Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat

Tags
BAGIKAN ARTIKEL »

Tips Memilih Asuransi

Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat. Memiliki kendaraan mewah berarti memiiki beberapa kewajiban yang perlu dilakukan untuk menjaga asset tersebut. Selain perawatan fisik, asuransi juga diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawrkan produknya untuk member perlindungan terhadap kendaraan. Namun, agar asuransi yang dipilih tepat maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja hal-hal yang diperlukan dalam memiilih asuransi kendaraan tersebut? Simak tips memilih asuransi kendaraan berikut ini:

Meimilih Asuransi Kendaraan yang Tepat


1. Sesuaikan Kebutuhan

Hal utama yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih asuransi adalah memahami kebutuhan. Calon pemegang polis perlu mengetahui apa saja yang dijamin dan tidak dijamin dalam polis asuransi

Untuk jenis asuransi All-Risk, perusahaan asuransi akan menjamin mobil ketika mengalami kecelakaan besar maupun kecil. Selain itu, asuransi tersebut juga melindungi mobil dari resiko pencurian atau tindak kejahatan.

Berbeda dengan jenis asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi TLO hanya menjamin ketika kendaraan hilang atau mengalami kerusakan diatas 75%. Dari dua jenis asuransi tersebut calon pemegang polis dapat memilih sesuai kebutuhan tapi tentunya biaya yang dikeluarkan juga berbeda.

2. Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas juga termasuk salah satu hal terpenting untuk diperhatikan dalam memilih asuransi kendaraan. Lakukan survey untuk memastikan reputasi perusahaan penyedia asuransi yang dipilih dan dapatkan informasi dari pemegang polis lain yang sudah bergabung di perusahaan terseut. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memberikan kemudahan dalam pengurusans klaim.

3. Premi

Fungsi dari premi asuransi umumnya adalah untuk mengembalikan keadaan pihak tertanggung jika terjadi sesuatu hal yang diluar dugaan kita sebagai manusia, misalnya perusahaan mengalami pailit atau kebangkrutan, sehingga nantinya jika benar-benar mengalami kerugian bisa mengembalikan kondisi keuangan pihak tertanggung seperti sebelum terjadinya kerugian. Besar-kecilnya premi yang dibayarkan oleh nasabah biasanya sudah ditetapkan pada awal perjanjian, dan bisa ditentukan sendiri oleh nasabah sesuai dengan kemampuannya. Nasabah juga bisa menentukan besarnya uang pertanggungan.


Dan tentunya semakin besar uang pertanggungan yang akan diperoleh secara otomatis biaya asuransi juga semakin bertambah. Sehingga, semakin besar uang pertanggungan akan memperkecil manfaat tambahan yang didapat. Selain itu, besarnya premi asuransi yang dibayarkan setiap bulannya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Jadi perlu dipertimbangkan juga premi yang ditawarkan, bandingkan dengan premi dari perusahaan lain dan pilih premi yang wajar dan sesuai kemampuan.

4. Bengkel Rekanan

Tidak boleh ketinggalan juga, calon pembeli produk asuransi perlu mengetahui lokasi dan kualitas bengkel rekanan. Usahakan perusahaan asuransi yang dipilih memiliki banyak bengkel rekanan yang lokasinya tidak jauh. Selain itu, kualitas bengkel juga perlu untuk menjadi pertimbangan. Pastikan kendaraan yang diasuransikan mendapat penanganan dan perawatan yang baik dari bengkel rekanan.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Saat akan melakukan klaim perbaikan mobil di perusahaan asuransi, Anda bisa memilih bengkel rekanan asuransi yang akan dipakai untuk memperbaiki kendaraan.

Biasanya perusahaan asuransi yang bagus memiliki daftar berbagai bengkel rekanan untuk melakukan servis kendaraan. Adapun bengkel rekanan bisa merupakan bengkel resmi dari perusahaan atau bengkel umum yang sudah dipercaya oleh perusahaan asuransi.

Dan pada umumnya bengkel rekanan adalah bengkel yang sudah disurvey secara langsung oleh pihak asuransi dan bengkel tersebut biasanya juga sudah tersertifikasi oleh pihak asuransi. Pelanggan bisa memilih bengkel rekanan mana yang cocok untuk servis kendaraan Anda.

Misalkan sobat memilih bengkel rekanan A untuk memperbaiki kendaraan karena dekat dengan tempat pekerjaan atau dekat dengan rumah sehingga sobat bisa melakukan kontrol pada proses pengerjaan.

Atau bisa juga memilih bengkel rekanan B karena direkomendasikan teman yang sudah pernah melakukan klaim perbaikan kendaraan di sana. Memang ada baiknya juga sebelum sobat memutuskan untuk memilih bengkel rekanan, sobat mesti melihat secara langsung fasilitas dan proses pengerjaan dari bengkel rekanan tersebut.

Bengkel dengan fasilitas lengkap dan banyak memperbaiki mobil bisa jadi indikasi kualitas pengerjaan yang baik. Namun, lihat juga antrean yang masuk, karena ini juga bisa menyebabkan proses perbaikan kendaraan menjadi lebih lama.

5. Fasilitas dan Keunggulan

Selanjutnya, cari tahu semua fasilitas dan keunggulan dari perusahaan asuransi tersebut. Perusahaan dengan reputasi yang baik akan memberikann fasilitasn yang berkualitas, seperti mobil derek, mobil ambulan dan montir.

Itu beberapa tips memilih asuransi kendaraan, dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, diharapkan asuransi yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan dalam perlindungan kendaraan sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan pemilik kendaraan tidak akan mengalami kerugian yang besar.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!