Sunday, 4 August 2019

5 Kesalahan Investasi Emas yang Wajib Diketahui

5 Kesalahan Investasi Emas yang Wajib Diketahui

BAGIKAN ARTIKEL »

Investasi Emas yang Wajib Diketahui

Kesalahan Investasi Emas. Dalam memulai bisnis ada kalanya seseorang melakukan sebuah kesalahan entah itu kecil ataupun besar yang bahkan bisa menjadikan seseorang kehilangan modal. Bahkan tidak jarang disekeliling kita ada orang yang sampai stres berat akibat dari kesalahan yang dilakukannya.

Untuk menghindari kesalahan yang terjadi dan menjadikan dampak yang bisa mengakibatkan sesuatu hal yang lebih buruk lagi, ada baiknya sebelum kita memulai melakukan proses awal dalam investasi emas kita cari tau dulu beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh para investor pemula. Ini untuk memperkecil kemungkinan kegagalan dan menghindari kesalahan yang berdampak pada kerugian modal atau yang lebih parah lagi pada psikologi kejiwaan misal stres.

Hal yang sama bisa juga terjadi pada seseorang yang ingin memulai berinvestasi dengan emas batangan.

Baca juga : Investasi yang Bisa Membuat Kaya

Beberapa sebab memang harus diketahui para investor pemula agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa menyebabkan kerugian di masa depan. Termasuk salah satunya adalah harus tahu betul bagaimana seluk beluk investasi emas batangan yang profitable.

Kesalahan Investasi Emas


Melalui artikel berikut ini saya mau mengulas beberapa kesalahan yang lazim terjadi pada investor yang baru memulai investasi emas.

1. Malas Memantau Harga Emas


Malas adalah sifat yang harus dijauhkan dari setiap kegiatan usaha ataupun permulaan dalam usaha apa saja karena perlahan-lahan pasti akan mematikan usaha yang sudah ataupun akan kita bangun.

Begitu pula yang terjadi dalam investasi emas, seringkali ketika kita memulai berinvestasi emas perasaan malas menghinggapi kita dalam memantau pergerakan harga emas. Padahal pergerakan harga emas mempunyai peran yang sangat vital dalam menjual dan membeli emas.

Kadangkala memang harga emas yang tidak stabil ini menjadi hal yang luput dari perhatian kita yang masih baru dalam investasi emas. Akibatnya seringkali kita sebagai pemula dalam investasi emas ini membeli emas tanpa ada pertimbangan dan tidak jarang kita malah terjebak membeli emas saat harga masih tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kita bisa memantau harga emas tiap hari agar lebih tepat kapan saat kita harus membeli atau menjualnya tanpa harus menyebabkan kerugian.


2. Membeli Emas Daur Ulang


Emas yang umurnya sudah tua atau berasal dari perhiasan-perhiasan yang sudah rusak dan kotor biasanya akan memiliki kecacatan secara estetika. Dan nilai jualnya juga menurun jauh dibawah standar harga yang semestinya, emas yang seperti ini biasanya akan didaur ulang oleh seorang pengrajin emas dan kemudian akan dijual kembali.

Untuk investasi sebaiknya pilih emas yang bukan hasil dari daur ulang karena biasanya emas daur ulang pembelinya agak sedikit.

3. Tidak Memperhatikan Kemurnian Emas


Dalam berinvestasi emas, kadar kemurnian emas perlu menjadi pertimbangan yang wajib karena ini juga berpengaruh kepada pergerakan harga di masa depan. Jangan tergiur membeli emas dengan harga yang murah, cek dulu kadar tingkat kemurnian emas sebelum anda memutuskan untuk membeli emas.

Pastikan kamu membeli emas dengan tingkat kadar kemurnian 99,99% karena nilai tersebut menjadi patokan emas yang paling bagus dan tentunya dengan kadar tersebut emas akan lebih mudah untuk dijual kembali.

4. Tidak Membandingkan Harga


Hal yang menjadi kesalahan yang sering terulang dilakukan oleh para investor emas pemula yaitu seringkali kurangnya membandingkan harga dan seringkali terburu-buru dalam membeli emas.

Untuk memperoleh emas yang bagus dengan harga terbaik Anda perlu juga membandingkan harga dan kualitas emas sebelum memutuskan untuk membelinya. Jauhkan rasa gengsi anda kalo benar-benar ingin berivestasi dibidan emas ini, artinya jangan sungkan untuk membandingkan harga emas antara toko satu dan lainnya sebelum membelinya.

Sedikit memakan waktu lebih lama mungkin, tapi ini semua demi untuk memperoleh harga emas terbaik karena banyak pedagang emas yang menaikkan harga tinggi untuk mencari keuntungan sepihak. Nah langkah ini juga untuk menghindarkan dari kerugian nantinya, apalagi jika anda tidak ada waktu untuk memantau pergerakan harga emas sehari-harinya

Artikel terkait : Cara Investasi Emas untuk Pemula

5. Membeli di Tempat yang Kurang Terpercaya


Untuk membeli emas batangan carilah toko yang sudah terpercaya karena ini akan menjamin kemurnian emas yang akan anda beli. Kemurnian emas batangan yang anda beli juga bisa menjadi jaminan untuk investasi di masa depan.

Untuk pembelian emas asli biasanya juga disertai dengan sertifikat, ini juga untuk memudahkan anda nantinya saat akan menjual kembali selain sebagai nilai keaslian emas batangan.

Untuk mencari tempat membeli emas yang terpercaya sekarang ini sudah banyak aplikasinya, salah satunya adalah e-mas. Dengan aplikasi e-mas ini akan mempermudah anda dalam melakukan transaksi pembelian walaupun dengan dana terbatas.

OK, itulah sedikit informasi mengenai beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh investor emas pemula. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut anda akan lebih memahami langkah-langkah lebih lanjut untuk menghindari atau mengurangi resiko kerugian yang lebih besar di masa depan.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Mohon komentar yang relevan dengan tema artikel, komentar SPAM, Live link tidak akan muncul..!!